Tema Hari Gizi Nasional 2023 dan Logo Peringatan Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Tema Hari Gizi Nasional 2023 dan Logo Peringatan Tahun Ini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 20 Jan 2023 18:28 WIB
Tema Hari Gizi Nasional 2023 telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati pada 25 Januari.
Logo Hari Gizi Nasional 2023 (Foto: Situs Promkes Kemkes)
Jakarta -

Tema Hari Gizi Nasional 2023 telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Januari.

Tujuan peringatan HGN adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia. Berikut adalah tema dan logo Hari Gizi Nasional 2023.

Tema Hari Gizi Nasional 2023, Cek di Sini

Dilansir situs Kemkes RI, tema Hari Gizi Nasional 2023 adalah Protein Hewani Cegah Stunting. Tema HGN 2023 sebagai ajakan kepada masyarakat untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak.

Stunting adalah gangguan pada tumbuh kembang anak. Biasanya, anak penderita stunting cenderung lebih kerdil dibanding anak seusianya.

Tema Hari Gizi Nasional 2023 telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati pada 25 Januari.Tema Hari Gizi Nasional 2023 telah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Ini adalah poster Hari Gizi Nasional 2023. (Foto: Situs Promkes Kemkes)

Apa Itu Stunting?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Stunting dapat menyebabkan penderitanya terserang infeksi maupun stimulasi yang tak memadai.

Logo Hari Gizi Nasional 2023

Selain tema HGN 2023, pihak Kemenkes juga meluncurkan logo Hari Gizi Nasional 2023. Logo tersebut dapat diunduh di sini.

Tak hanya itu, Kemenkes juga merilis poster dan backdrop Hari Gizi Nasional 2023 yang dapat diunduh melalui link di bawah ini.

Sejarah Hari Gizi Nasional

Dikutip dari laman Sehat Negeriku Kemkes, upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950, yaitu saat Menteri Kesehatan Dokter J Leimena Bapak Gizi Indonesia mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Sejak saat itu, Prof. Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Kemudian, pendidikan tenaga gizi terus mengalami perkembangan di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Selanjutnya, pemerintah menetapkan tanggal 25 Januari sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia. Lalu, Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT