KBRI Doha Gelar Malam Apresiasi untuk Volunteer RI di Piala Dunia 2022

ADVERTISEMENT

KBRI Doha Gelar Malam Apresiasi untuk Volunteer RI di Piala Dunia 2022

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 25 Des 2022 03:47 WIB
Malam Apresiasi untuk Volunteer RI di Piala Dunia 2022
Foto: Malam Apresiasi untuk Volunteer RI di Piala Dunia 2022 (dok KBRI Doha)
Jakarta -

KBRI Doha menggelar malam apresiasi bagi para volunteer Indonesia yang terlibat dalam Piala Dunia atau FIFA World Cup 2022. Ada 90 warga negara Indonesia (WNI) yang bergabung menjadi volunteer.

Malam apresiasi ini diselenggarakan di Wisma Duta, Jalan Istiqlal, Doha, Jumat (23/12). Hadir dalam acara itu Duta Besar RI untuk Qatar, Ridwan Hassan.

Dalam acara itu, Ridwan menyampaikan apresiasinya kepada para volunteer Indonesia di World Cup 2022. Ridwan mengapresiasi kerja keras mereka.

"Bagaimanapun juga mereka adalah duta bangsa yang berdiri langsung berhadapan dengan supporter dari banyak negara" ujar Ridwan dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (24/12/2022).

Sementara itu, salah satu perwakilan volunteer, Ahmad Syarnubi Fatah mengaku bangga karena dapat bergabung sebagai volunteer di Piala Dunia 2022. Dia juga membagikan sedikit pengalamannya sebagao voulenteer.

"Meski saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 2.5 jam setiap hari, saya tetap menikmati kegiatan volunteering ini" kata Syarnubi Fatah, seorang diaspora yang sudah belasan tahun menetap di Qatar.

KBRI Doha mencatat sekitar 90 WNI menjadi volunteer dalam Piala Dunia Qatar. Sebagian besar di antaranya adalah mereka yang sudah menetap di Qatar, dan sebagian lain adalah para volunteer yang sengaja datang langsung dari Indonesia atau negara lain.

Selama Piala Dunia, mereka memegang aneka ragam pekerjaan dari mulai meng-handle awak media, membantu penonton difable sampai menjadi penunjuk arah jalan. Di luar para volunteer, diaspora Indonesia, terutama diaspora muda juga banyak yang terlibat dalam berbagai kegiatan Piala Dunia.

"Ada puluhan anak-anak Indonesia yang terlibat sebagai ball crew, flag bearer atau player escort dalam Piala Dunia kemaren" kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Ali Murtado.

Piala Dunia telah menjadi pengalaman yang menakjubkan bagi para volunteer dan terutama anak-anak yang terlibat. Selain apresiasi kepada volunteer, KBRI Doha juga memberikan penghargaan kepada sanggar-sanggar seni dan tokoh seni Indonesia di Qatar yang telah aktif mempromosikan Indonesia selama Piala Dunia 2022.

(zap/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT