Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Hadiri KTT ASEAN-UE

ADVERTISEMENT

Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Hadiri KTT ASEAN-UE

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 15 Des 2022 20:26 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 14 jam dari Brussels, Belgia. Jokowi sebelumnya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Uni Eropa di Belgia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (15/12/2022), Jokowi tiba di Tanah Air sekitar pukul 18.30 WIB. Tampak menyambut di bawah tangga pesawat, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana dengan rangkaian kendaraan terbatas langsung melanjutkan perjalanan ke Istana Kepresidenan Bogor.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan dari Brussels, Belgia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Jokowi sebelumnya juga sempat menyampaikan sambutan dalam pembukaan KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Justus Lipsius Atrium, Brussels. Jokowi berbicara kemitraan ASEAN dan Uni Eropa yang harus didasarkan pada prinsip kesetaraan.

"Jika kita ingin membangun sebuah kemitraan yang baik, maka kemitraan harus didasarkan pada kesetaraan, tidak boleh ada pemaksaan. Tidak boleh lagi ada pihak yang selalu mendikte dan beranggapan bahwa my standard is better than yours," kata Jokowi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (14/12).

Jokowi menambahkan, selama beberapa dekade, Asia Tenggara telah menjadi economic powerhouse. Dia menyatakan Asia Tenggara akan tetap menjadi pusat pertumbuhan.

"Dengan demikian, kemitraan dengan ASEAN dipastikan akan menguntungkan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, September 2022 ini ASEAN-Uni Eropa Business Council mengeluarkan hasil survei mengenai persepsi bisnis di ASEAN. Sebanyak 63% responden melihat ASEAN sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik.

"69% responden mengharapkan pasar ASEAN menjadi lebih penting dari aspek pendapatan global dalam 2 tahun ke depan dan 97% responden berharap adanya percepatan perundingan FTA ASEAN-UE dan anggotanya," jelas Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mendorong kemitraan yang setara dan saling menguntungkan.

"Dari pandemi dan krisis multidimensi yang kita hadapi saat ini, kita petik pelajaran penting bahwa tumbuh dan makmur bersama adalah satu-satunya pilihan. Kita tidak hanya harus maju bersama, namun juga harus maju setara," jelas Jokowi.

(knv/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT