5 Perumahan di Klapanunggal Bogor Terendam Banjir, Air Mulai Surut

ADVERTISEMENT

5 Perumahan di Klapanunggal Bogor Terendam Banjir, Air Mulai Surut

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 23:38 WIB
5 perumahan di Boggor banjir
Foto: 5 perumahan di Boggor banjir (dok. BPBD)
Jakarta -

Banjir melanda lima perumahan di kawasan Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Banjir dipengaruhi oleh intensitas hujan yang deras di kawasan tersebut sore tadi.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaluddin mengatakan hujan deras membuat air sungai tersebut meluap. Jebolnya tembok pembatas Kali Cibarengkok dan perumahan warga, membuat banjir semakin parah.

"Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama mengakibatkan aliran anak Kali Cibarengkok meluap, yang berdampak kepada jebolnya tembok pembatas antara kali dan perumahan. Sehingga mengakibatkan air meluap ke perumahan," kata Jalal melalui keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Banjir mulai melanda kawasan tersebut sekitar pukul 16.45 WIB sore tadi. Petugas BPBD yang menerima laporan warga, segera menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebencanaan.

Dari hasil asessmen petugas, terdapat lima perumahan yang sempat terendam banjir. Ketinggian banjir beragam mulai dari 30-100 cm.

"Perumahan Griya PMI Asri sekitar 75-100 cm, Perumahan Pesona Prima Cikahuripan 5 sekitar 30 cm, Perumahan Pesona Prima dan Perumahan Cileungsi Asri 2 sekitar 35-50 cm, dan Perumahan Kahuripan Mas sekitar 30-40 cm," ungkapnya.

Selain rumah warga, masjid dan musala di kawasan tersebut juga terendam banjir. Sebanyak ribuan orang terdampak banjir tersebut.

"Korban terdampak di Perumahan Griya PMI Asri sebanyak 50 KK atau 200 jiwa, Perumahan Pesona Prima Cikahuripan 5 sebanyak 350 KK atau 1.085 jiwa, Perumahan Pesona Prima dan Perumahan Cileungsi Asri 2 sebanyak 205 KK atau 633 jiwa, dan Perumahan Kahuripan Mas sebanyak 65 KK atau 212 jiwa," bebernya.

Sementara itu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Banjir sudah mulai berangsur surut dan lalu lintas mulai lancar kembali.

"Situasi akhir saat ini air yang meluap sudah mulai berangsur surut dan kemacetan dari ke dua arah. Dampak air yang meluap saat ini sedang diurai oleh petugas dan warga setempat," pungkas Jalal.

Lihat juga video 'Penampakan Banjir di Pati yang Belum Surut Selama 4 Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(rdh/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT