Iriana Tilik Nitik Erina di Kamar, Kaesang Titip Bunga

ADVERTISEMENT

Iriana Tilik Nitik Erina di Kamar, Kaesang Titip Bunga

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 20:01 WIB
Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman Erina di Purwosari. Jokowi akan mengikuti prosesi upacara adat midodareni pernikahan Kaesang-Erina.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Prosesi malam midodareni putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, masih berlanjut. Kali ini, prosesi yang dilangsungkan adalah tilik nitik.

Dalam acara tilik nitik ini, ibunda Kaesang, Iriana, bersama putrinya, Kahiyang Ayu, dan menantunya, Selvi Ananda, diantar calon besan, Sofiatun Gudono, ke kamar Erina. Sebagai informasi, hanya perempuan yang boleh ikut prosesi tilik nitik ini.

Sebelum tilik nitik, Kaesang lebih dulu menitipkan bunga ke ibunda Erina. Kaesang tidak boleh bertemu dengan calon istrinya sebelum sah besok.

"Tilik yang artinya ninjau. Nitik adalah melihat dengan saksama cermat dan teliti yang berada di dalam kamar pengantin putri adalah Ananda Erina Sofia Gudono," kata pranata acara, Jumat (9/12/2022).

Sejumlah prosesi juga lebih dulu dilakukan. Seperti pasrah, di mana Gibran Rakabuming Raka sebagai juru bicara keluarga Jokowi menyerahkan Kaesang untuk nyantri atau sowan ke keluarga Erina.

Kemudian tampi, di mana ibunda Kaesang, Iriana Jokowi, menyerahkan peningset atau seserahan secara simbolis. Usai tampi, prosesi dilanjutkan dengan pemberian tirta wening dan pembacaan catur wedha atau catur laksita utama oleh Kaesang dan perwakilan keluarga Erina, Abdul Muhaimin. Acara kemudian dilanjutkan perkenalan kedua keluarga.

Nantinya, usai tilik nitik, acara akan dilanjutkan dengan pamitan keluarga Kaesang dan jawaban pihak Erina. Selain itu, ada penyerahan kancing gelung di mana sesepuh keluarga Erina menyerahkan ke Kaesang. Serta penyerahan angsul-angsul dari Ibunda Erina ke Ibunda Kaesang. Angsul-angsul ini berupa kue-kue kering, buah-buahan segar, lauk pauk, dan makanan dari ketan.

Untuk diketahui, malam midodareni ini prosesi sebelum akad nikah digelar. Akad nikah rencananya digelar di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo di Royal Ambarrukmo besok, Sabtu (9/12).

Simak Video: Momen Penyerahan Kaesang Pangarep ke Keluarga Erina Gudono

[Gambas:Video 20detik]




(mae/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT