Bangunan SD di Citeureup Bogor Terancam Longsor Usai Tebing Penahan Ambruk

ADVERTISEMENT

Bangunan SD di Citeureup Bogor Terancam Longsor Usai Tebing Penahan Ambruk

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 16:16 WIB
Foto: TPT ambruk akibat tanah longsor berjarak sangat dekat dengan SD Negeri Tajur 2. (dok. BPBD Kabupaten Bogor)
TPT ambruk akibat tanah longsor berjarak sangat dekat dengan SD Negeri Tajur 2. (dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Jakarta -

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Longsor disebabkan intensitas hujan yang tinggi.

"Kronologi kejadian dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan tanah tebingan longsor dan mengakibatkan tebing penahan tanah (TPT) ambruk," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurtjatmiko melalui keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Tanah longsor terjadi pada Rabu (7/12) sekitar pukul 17.00 WIB sore kemarin. Menerima laporan warga, petugas BPBD segera menuju lokasi kejadian untuk melakukan asesmen kebencanaan hari ini.

"Tebing yang longsor dengan rincian panjang longsoran sekitar 4 meter, tinggi sekitar 2 meter, dan lebar sekitar 1,5 meter," ujarnya.

TPT yang longsor tersebut berada tak jauh dari SD Negeri Tajur 2. Jadi fasilitas umum berupa sekolah tersebut terdampak.

"Fasilitas umum yang terdampak SDN Tajur 2," imbuhnya.

Kondisi saat ini, TPT yang longsor tersebut belum diperbaiki. Bangunan ruangan kelas 6 SD tersebut terancam longsor susulan apabila hujan deras melanda.

"Pada tahun 2021 telah dilaporkan adanya retakan dengan rincian panjang sekitar 8 meter yang mengancam bangunan ruang kelas 6 yang berada sekitar di tanah tebingan. Dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh instansi terkait. Karena bila hujan deras dikhawatirkan akan terjadi longsor kembali," pungkas Aris.

(rdh/fca)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT