Polisi Tak Temukan Zat Beracun pada Jasad 4 Orang Keluarga Kalideres

ADVERTISEMENT

Polisi Tak Temukan Zat Beracun pada Jasad 4 Orang Keluarga Kalideres

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 15:32 WIB
Polda Metro merilis kesimpulan akhir terkait kematian keluarga Kalideres.
Polda Metro merilis kesimpulan akhir terkait kematian keluarga Kalideres. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkapkan hasil akhir penyelidikan kasus kematian keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Dari hasil pemeriksaan ahli kimia biologi forensik (kimbiofor) Puslabfor Polri, tidak ditemukan adanya bahan beracun atau arsenik pada jasad keempat korban.

"Dari sisi toksikologi, kita koordinasi dengan dokter forensik untuk periksa organ tubuh korban yang sudah meninggal. Dari hasil pemeriksaan organ tubuh baik ayah Rudyanto, ibu Renny Margaretha, anak Dian Febyana dan paman Budyanto Gunawan kita tidak menemukan adanya bahan beracun dan berbahaya, seperti pestisida, sianida, arsenik, dan sebagainya," jelas Kabid Kimia Biologi Forensik Puslabfor Polri Kombes Wahyu Marsudi dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Sejak mayat keempat orang keluarga Kalideres ditemukan pada 10 November 2022, tim Puslabfor Polri melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Hal pertama yang diamati oleh Puslabfor di sana saat itu mencari tahu kemungkinan adanya pihak luar yang masuk ke rumah.

Tak Ada DNA Selain 4 Korban

Setiap akses masuk pintu-pintu di rumah diperiksa secara detail untuk mencari tahu apakah ada perusakan di rumah tersebut yang memungkinkan masuknya pihak luar selain 4 korban. Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya perusakan.

"Dari TKP ini kami coba ketahui, target kami pertama ketahui ada-tidaknya kerusakan pada akses masuk rumah, cari jejak-jejak material biologi atau DNA selain korban. Kenapa? Karena kalau ada jejak DNA selain korban maka bisa diduga ada orang lain masuk TKP," katanya.

Dari hasil penelitian dipastikan tidak ditemukan DNA selain keempat korban. Selain itu, tidak ditemukan adanya percikan darah di lokasi.

"Setelah tim melakukan pemeriksaan detail di TkP ditemukan fakta tidak ada kerusakan di TKP, kemudian tim juga mencari ada nggak percikan darah, ternyata tidak ditemukan percikan darah. Tim juga cari tahu di akses masuk, kita ambil semuanya, kita riksa ke labfor ternyata kita tidak temukan DNA selain DNA keempat korban tadi," paparnya.

Lihat Video: Polisi Akan Ungkap Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres Sebelum 6 Desember

[Gambas:Video 20detik]




(mea/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT