Status Gunung Semeru Turun Jadi Siaga

ADVERTISEMENT

Status Gunung Semeru Turun Jadi Siaga

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 14:41 WIB
gunung semeru siaga per kamis 9 desember 2022 pukul 12.00 wib
Gunung Semeru erupsi (Foto: dok. PVMBG)
Jakarta -

Status aktivitas Gunung Semeru, Jawa Timur, menurun dari level IV (Awas) ke level III (Siaga). Hal ini berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM.

Dikutip dari laman resminya, Gunung Semeru berstatus level IV (Awas) sejak 4 Desember 2022. Namun aktivitas erupsi gunung telah mulai menurun. Salah satunya dibuktikan dengan intensitas yang tipis.

"Pengamatan visual menunjukkan saat ini masih terjadi aktivitas letusan yang kemudian membuat tumpukan material letusan (pyroclastic cone) ataupun lidah lava, saat cuaca cerah teramati asap kawah berwarna putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis hingga sedang dengan tinggi 500 meter di atas puncak," kata PVMBG.

Kendati demikian, masih terjadi dua kali awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur hingga 6 km ke arah tenggara. Teramati guguran dengan jarak 300-500 meter ke arah tenggara.

Gempa vulkanik juga masih berfluktuasi. Gejala peningkatan menuju APG juga tidak ada.

"Gempa-gempa vulkanik (vulkanik dalam dan vulkanik dangkal) masih terekam dan berfluktuasi. Gempa letusan, gempa guguran masih ada. APG terekam pasca-APG 4 Desember 2022 tercatat empat kali APG dengan durasi dan jarak luncuran yang sudah menurun. Pengamatan sejak 4 Desember 2022 hingga saat ini menunjukkan tidak ada gejala peningkatan kegiatan yang signifikan menuju APG yang cukup besar," tuturnya.

Berdasarkan pengamatan akan potensi ancaman bahaya ini, status aktivitas Gunung Semeru pun diturunkan menjadi Siaga. Status ini berlaku sejak pukul 12.00 WIB, Jumat (9/12).

"Mengingat karakteristik erupsi Gunung Semeru, potensi ancaman bahaya, hasil pemantauan visual dan kegempaan, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru dapat diturunkan dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga) terhitung sejak 9 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," tuturnya.

(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT