Ketua KPK: Koruptor Tak Takut Dipenjara, tapi Takut Dimiskinkan

ADVERTISEMENT

Ketua KPK: Koruptor Tak Takut Dipenjara, tapi Takut Dimiskinkan

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 10:15 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (M Hanafi/detikcom)
Ketua KPK Firli Bahuri (M Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mengungkap setidaknya ada ratusan koruptor yang telah ditangkap lembaga antirasuah itu sepanjang 2022. Firli mengungkap penjahat berkerah putih itu tak takut dipenjara, melainkan takut dimiskinkan.

Hal itu disampaikan Firli dalam kata sambutannya menjelang puncak Hari Antikorupsi Sedunia yang dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022). Awalnya Firli menyebut tingginya angka korupsi yang membuat prihatin.

"Angka-angka yang ditunjukkan dalam data statistik terkait perilaku korupsi masih menjadi perhatian. Sejak KPK berdiri, sudah ada 1.479 tersangka," kata Firli Bahuri dalam sambutannya, Jumat (9/12).

Selain itu, dia memaparkan setidaknya sejak awal Januari hingga November 2022, KPK telah menahan 115 pelaku korupsi. Dia menjelaskan para tersangka itu terdiri atas berbagai profesi.

"Untuk 2022, sejak Januari sampai November 2022, sebanyak 115 pelaku korupsi telah dilakukan penahanan oleh KPK," papar dia.

Mengetahui hal itu, Firli mengaku pihaknya tidak hanya melakukan upaya pemberantasan korupsi lewat pidana badan. Dia menyebut KPK juga gencar melakukan upaya asset recovery.

Menurutnya, penindakan para koruptor itu tidak hanya untuk mengumpulkan tersangka. Dia ingin menghadirkan efek jera bagi para koruptor. Sebab, dia menyebut koruptor hanya takut jika hartanya dirampas atau dimiskinkan.

"Kajian menunjukkan para pelaku korupsi tidak takut dengan ancaman badan, tapi takut kalau dimiskinkan," tutup Firli.

Berikut daftar penangkapan KPK selama berdiri:

- Polisi 4 Orang
- Duta Besar 4 Orang
- Korporasi 8 Orang
- Komisioner 8 Orang
- Jaksa 11 Orang
- Pengacara 16 Orang
- Gubernur 23 Orang
- Hakim 29 Orang
- Kepala Lembaga/Kementerian 35 Orang
- Lain-lain 185 Orang
- Eselon (I, II, III, dan IV) 304 Orang
- DPR dan DPRD 319 Orang
- Swasta 370 Orang

Diketahui, KPK memperingati Hakordia 2022 hari ini dan mengusung tema 'Indonesia Pulih Bersatu Lawas Korupsi'. Lewat tema ini, KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi. Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di negeri ini tanpa terkecuali.

Wapres dan Pejabat Hadiri Hakordia 2022

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir di lokasi acara. Selain itu, ada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang tampak didampingi Wakil Ketua KPK Johanis Tanak.

Kemudian pejabat lain yang juga tampak hadir dalam acara Hakordia 2022 antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Qholil Qoumas, Menkumham Yasonna Laoly, Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Simak video 'Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka KPK Hadiri Pemeriksaan':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT