Kota Bogor Bersolek Jelang Tahun Baru, Tugu Lawang Salapan Dicat Ulang

ADVERTISEMENT

Kota Bogor Bersolek Jelang Tahun Baru, Tugu Lawang Salapan Dicat Ulang

M Solihin - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 14:20 WIB
Tugu Lawang Selapan dicat ulang jelang tahun baru. Pedestrian di lokasi ditutup sementara.
Tugu Lawang Salapan dicat ulang menjelang tahun baru. Jalur pedestrian di lokasi ditutup sementara. (M Solihin/detikcom)
Bogor -

Jalur pedestrian di sekitar Tugu Lawang Salapan, Kota Bogor, yang biasa digunakan warga untuk lintasan lari dan joging, ditutup sementara. Penutupan dilakukan hingga akhir tahun karena ada pemeliharaan Tugu Lawang Salapan.

Pantauan detikcom, spanduk berisikan informasi penutupan jalur pedestrian tampak terpasang di depan Tugu Lawang Salapan, Kota Bogor. Beberapa warga yang tengah berolahraga lari tampak menggunakan lajur sepeda karena trotoar ditutup sebagian.

Di lokasi, tampak beberapa pekerja sedang melakukan aktivitasnya. Beberapa pegawai sedang merapikan dan mengecat ulang dinding putih bagian atas Tugu Lawang Salapan menggunakan tangga steger.

"Iya (ditutup sementara), sedang ada pemeliharaan, perapian Tugu Lawang Salapan. Ada perapian sedikit. Kan itu agak bergelombang itu di kegiatan finishing-nya, jadi sekarang sedang perapian sedikit saja. Itu dinding Lawang Salapan, perapian dindingnya saja," kata Kadis PUPR Kota Bogor Chusnul Rozi saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (8/12/2022).

Tugu Lawang Selapan dicat ulang jelang tahun baru. Pedestrian di lokasi ditutup sementara.Selama perbaikan tersebut, jalur pedestrian di Tugu Lawang Salapan, Kota Bogor, ditutup sementara. (M Solihin/detikcom)

"Jadi kan otomatis ditutup dulu jalur pedestrian yang di bawah Lawang Salapan. Nanti, kalau ada barang yang jatuh dari titik pengerjaan, terus nimpa yang lewat di bawahnya (kalau tidak ditutup), kan bahaya, jadi rame. Selama perapian saja sih penutupannya," tambahnya.

Chusnul mengatakan penutupan trotoar dilakukan hingga menjelang akhir tahun atau setelah proses pemeliharaan Lawang Salapan selesai.

"Yang ditutup cuma (jalur) pedestrian saja, lajur sepeda nggak ditutup, warga masih bisa lewat situ. Penutupan sampai akhir tahun saja, malam tahu baru sudah beres, sudah diakses lagi. (Ditutup) cuma karena ada perapian sedikit saja," kata Chusnul.

Lawang Salapan merupakan salah satu ikon Kota Bogor yang berdiri kokoh berdampingan dengan Tugu Kujang, yang sudah berdiri lebih dulu dan menjadi ciri khas Kota Bogor. Trotoar di Lawang Salapan menjadi salah satu lokasi yang sering digunakan warga untuk joging.

Lokasi Lawang Salapan dan Tugu Kujang berada di tengah Kota Bogor, di antara Jalan Pajajaran dan Jl Otista. Jalur ini menjadi akses utama menuju Istana Bogor, Kebun Raya Bogor dan gedung Balai Kota Bogor, hingga Stasiun Bogor.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT