Heru Budi Bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Ini yang Dibahas

ADVERTISEMENT

Heru Budi Bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Ini yang Dibahas

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 13:21 WIB
Dok. Pemprov DKI
Foto: dok. Pemprov DKI
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menemui Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar beserta pengurus Masjid Istiqlal. Keduanya membahas mengenai sejumlah hal, salah satunya terkait upaya peningkatan kerukunan serta pengembangan kesejahteraan umat beragama di Ibu Kota.

Pertemuan digelar di ruang penerimaan tamu Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Kamis (8/12/2022) pagi. Heru Budi didampingi Pj Sekretaris Daerah DKI Jakarta Uus Kuswanto.

"Kami ke sini sowan (silaturahmi) ke Bapak (Imam Besar Istiqlal). Tidak ada hal lain kecuali kami ingin meningkatkan sinergi," kata Heru Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).

Heru menyampaikan, ke depannya, Pemprov DKI akan memberikan dukungan dengan menambah petugas-petugas kebersihan untuk membantu menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan sekitar Masjid Istiqlal, seperti trotoar atau jalur pedestrian di sekitarnya. Pemprov DKI, kata dia, akan mendukung kegiatan pembangunan tambahan di Masjid Istiqlal.

"Nanti kami bantu, kan ada kegiatan tambahan pembangunan, mungkin perizinannya nanti prosesnya dipercepat. Kami juga akan koordinasi dengan Menteri BUMN dan PUPR, nanti ada sedikit perbaikan di Monas dan bisa disinergikan dengan Istiqlal, apa-apa yang dibutuhkan, kami siapkan," ujarnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyambut baik upaya peningkatan sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta. Pihaknya pun menegaskan akan terus mendukung berbagai program maupun kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

"Mohon dukungan juga supaya Masjid Istiqlal bisa jadi (salah satu) ikon Jakarta. Kami siap mendukung program Pemprov DKI. Kami juga menggalang kerukunan lintas agama, aula di Istiqlal juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, kecuali kegiatan politik," ucap Nasaruddin.

Selain itu, Heru meninjau area masjid hasil revitalisasi beberapa waktu lalu. Saat meninjau area Masjid Istiqlal, Heru berkesempatan melihat maket dan standing banner foto-foto penataan Masjid Istiqlal. Ia pun mengapresiasi Masjid Istiqlal karena menjadi masjid pertama di dunia yang memperoleh penghargaan atau sertifikat final Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC) sebagai green building/ bangunan ramah lingkungan.

Simak juga 'Heru Budi Beberkan Alasan Copot Marullah dari Sekda DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT