Puan Ajak Generasi Muda Berdikari untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

ADVERTISEMENT

Puan Ajak Generasi Muda Berdikari untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 10:52 WIB
Puan
Foto: Rengga Sancaya/detikNews
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong para generasi muda untuk mengutamakan prinsip kemandirian dalam membangun bangsa dan negara. Terlebih Indonesia akan menghadapi Generasi Emas pada 2045 sehingga peran generasi mudah berperan strategis dalam mensukseskan pembangunan nasional.

Dalam hal ini, Puan meminta agar para pemuda dapat menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Menurutnya, generasi muda harus dapat 'berdiri di kaki sendiri' (berdikari). Untuk itu, para generasi muda perlu menyingkirkan sikap manja dan menumbuhkan semangat kemandirian sehingga mampu berjuang demi kemajuan Indonesia.

Puan mengatakan cara berjuang pemuda saat ini berbeda dengan perjuangan pemuda pada era kemerdekaan. Jika dahulu para pemuda berjuang dengan mengangkat senjata, kini generasi muda dapat berjuang dengan melalui karya dan keahlian di bidang masing-masing.

"Misalnya menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan, politisi, aparatur sipil negara (ASN), pengusaha, jurnalis, pekerja seni budaya, profesional IT, dan analis ekonomi. Semua karya pemuda saat ini adalah bentuk perjuangan demi Tanah Air," ujar Puan dikutip dari Antara, Kamis (8/12/2022).

Dalam mewujudkan Indonesia Emas 2024, ia pun mengajak generasi muda menumbuhkan semangat menyatukan Indonesia dengan cara positif. Puan menilai generasi muda harus bisa menjadi agen perubahan dalam pembangunan nasional karena Indonesia akan memiliki bonus demografi pada tahun 2045.

Pasalnya, jika generasi muda tidak dipersiapkan menjadi agen perubahan, bonus demografi justru akan menjadi sia-sia.

"Untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045, semua pihak harus memberi dukungan. DPR bersama Pemerintah akan terus berupaya memberi produk kebijakan yang berpihak pada kemajuan generasi muda Indonesia," pungkasnya.

Simak Video '2045 Ekonomi Indonesia Kuat, Erick Thohir: Tugas Gen Z!':

[Gambas:Video 20detik]




(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT