Geger Rocket Parachute Flares Misterius Jatuh dan Meledak di Batam

ADVERTISEMENT

Geger Rocket Parachute Flares Misterius Jatuh dan Meledak di Batam

Tim detikSumut - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 10:50 WIB
Tim Jibom Polda Kepri saat lakukan olah TKP
Foto: Tim Jibom Polda Kepri saat lakukan olah TKP. (Dok. Polda Kepri)
Batam -

Warga di Kompleks Pemda II, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau dibikin geger dengan munculnya suara ledakan. Ternyata ledakan itu berasal dari jatuhnya rocket parachute flares di pekarangan rumah warga.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (7/12) kemarin sekitar pukul 13.10 WIB. Polisi yang mendapatkan informasi itu bahkan langsung menerjunkan tim penjinak bom.

Warga Batu Aji, Beres Tobing, mendapatkan informasi dari temannya yang tinggal di kompleks itu mengenai munculnya suara ledakan. "Kata teman di Perumahan Pemda II, ada ledakan yang keras terdengar," katanya, seperti dilansir detikSumut, Kamis (8/12/2022).

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, membenarkan adanya suara ledakan dari kawasan Batu Aji. Hanya saja dia memastikan suara itu bukan berasal dari ledakan bom.

"Bukan ledakan (Bom). Saya luruskan ada benda yang jatuh dari langit kemudian masuk di pekarangan warga," katanya ketika dikonfirmasi.

Benda itu, menurut dia, masuk ke pekarangan rumah dalam kondisi terbakar. "Benda tersebut dalam keadaan terbakar dan sudah dipadamkan," lanjutnya.

Harry menyebutkan atas kejadian tersebut tim penjinak bom juga telah diturunkan ke lokasi.

"Itu adalah benda yang jatuh dari atas. Benda itu dalam pendalaman pihak Jibom Brimob Polda Kepri dan Polsek Batu Aji," ujarnya.

Hasil analisis tim Jibom Brimob Polda Kepri diketahui benda yang mengeluarkan suara keras tersebut merupakan alat yang biasanya digunakan pada kapal atau pelayaran, yaitu Rocket Parachute Flares.

"Berdasarkan analisis unit Jibom terhadap barang temuan tersebut dengan melihat bentuk fisik dan ukuran barang tersebut adalah Rocket Parachute Flares. Alat tersebut biasa digunakan di perkapalan atau pelayaran pelayaran," ujarnya.

Rocket Parachute Flares yang mengeluarkan suara keras itu bermerek Huahai. Berbentuk tabung dengan panjang 23 Cm berdiameter kurang lebih 4 Cm, berwarna merah, kuning dan dipadukan warna silver. Benda tersebut dapat meluncur dengan ketinggian 300 meter ke udara.

"Saat ini barang tersebut sudah diamankan oleh Tim Jihandak Brimob," tambahnya.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Fakta-fakta Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT