Melihat Kampung Maroko di Bandung Barat

ADVERTISEMENT

Melihat Kampung Maroko di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 10:01 WIB
Maroko di Kabupaten Bandung Barat
Foto: Kampung Maroko di Bandung Barat, Jawa Barat. (Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Maroko yang merupakan negara di benua Afrika membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun ternyata, di pelosok Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, ada sebuah kampung bernama Maroko.

Kampung yang letaknya ada di tepian aliran Sungai Citarum itu masuk ke wilayah Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, KBB. Tak terlalu banyak yang mengenal Kampung Maroko, namun bagi orang yang tinggal di Bandung Barat dan Cimahi, setidaknya pernah mendengar kampung itu.

Kampung tersebut tak punya sebuah penanda semacam gapura, monumen, maupun tugu yang dengan tegas mencetak nama 'Kampung Maroko' agar mudah dibaca orang. Meskipun dari Jalan Raya Cihampelas-Cililin, di marka jalan tertulis arah menuju 'Maroko'.

Suasana Kampung Maroko juga tak beda dengan kampung lain di sekitarnya. Hanya deretan rumah di pinggir Jalan Cihampelas. Justru yang jadi perhatian, akses menuju kampung tersebut rusak parah.

Maroko di Kabupaten Bandung BaratKampung Maroko di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Whisnu Pradana/detikJabar

Ada sebuah pasar yang buka setiap beberapa hari sekali. Pasar tersebut hingga kini masih menjadi pusat perekonomian warga. Kebanyakan yang dijual di pasar itu berbagai kebutuhan rumah tangga seperti sembako hingga sayur-mayur.

Bagi mereka yang hendak datang ke kampung tersebut, harus rajin bertanya pada orang di sepanjang jalan. Atau bisa juga mengandalkan tuntunan dari aplikasi peta digital Google Maps. Rutenya melalui Kota Cimahi ataupun Kabupaten Bandung Barat ke arah Cililin.

Lantas apa makna di balik nama Kampung Maroko itu? Menurut Deni Sugandi (46), tokoh masyarakat, nama Maroko berkaitan dengan kebiasaan emak-emak zaman dulu menghisap rokok.

"Jadi kalau dulu ngobrol sama orang tua, Maroko itu sebetulnya dari 'Emak-emak Ngarokok'. Kemudian disebutlah kampung itu dengan Kampung Maroko," ujar Deni saat ditemui di Dermaga Maroko, Rabu (7/12/2022).

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Euforia Warga Palestina Ikut Rayakan Kemenangan Maroko':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT