Dinyatakan Sesat Bikin 'Imam Mahdi' dan 'Ratu Adil' Asal Bogor Tobat

ADVERTISEMENT

Dinyatakan Sesat Bikin 'Imam Mahdi' dan 'Ratu Adil' Asal Bogor Tobat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 08:16 WIB
Dua orang lansia asal Jonggol, Bogor, yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil meminta maaf dan menyatakan kembali ke ajaran Islam.
Dua orang lansia asal Jonggol, Bogor, yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil meminta maaf dan menyatakan kembali ke ajaran Islam. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Kemunculan dua orang lansia yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil dari Republik Kutatandingan Dunia-Jawa Barat membuat geger media sosial. Belakangan diketahui keduanya adalah warga asal Jonggol, Kabupaten Bogor.

Dalam video yang beredar, tiga orang lansia mengaku sebagai Ratu Adil, Ratu Sunda, dan Imam Mahdi mengklaim bahwa bencana yang terjadi karena Imam Mahdi.

"Kami selaku Ratu Adil-Imam Mahdi-Ratu Surga. Saya mengetahui ke seluruh umum yang ada di Jawa Barat, khususnya Indonesia, umumnya dunia, bahwa yang bernama Ratu Adil, Imam Mahdi, Ratu Sunda sudah ada di Jawa Barat, Kutatandingan, Karawang. Sekarang makanya bencana merajalela seluruh dunia. Yang bikin bencana adalah Imam Mahdi. Yang bisa mengamankan adalah Imam Mahdi," tutur wanita lansia dalam video viral.

Pihak kepolisian bersama aparatur Karawang, Jawa Barat, turun tangan mencari keberadaan keduanya ke lokasi Hutan Kutatandingan. Namun mereka tidak ada di tempat.

2 Lansia Berasal dari Bogor

Belakangan diketahui video tersebut diambil di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keduanya telah ditemui oleh pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bogor.

"Setelah kami telusuri ternyata pembuatan video tersebut ada di Jonggol, Kabupaten Bogor," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di kantornya, Selasa (6/12).

Mereka merupakan warga Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Keduanya telah mengakui bahwa video tersebut merupakan mereka sendiri.

Dua orang lansia di antaranya mengaku salah. Mereka kemudian bertobat dan kembali memeluk Islam.

Imam Mahdi Dinyatakan Menyimpang dan Sesat

Ketua MUI Kabupaten Bogor Muhammad Agus Mulyana memaparkan sejumlah hasil pertemuan itu. Pertama, menurutnya, paham yang dianut oleh kedua lansia tersebut jelas menyimpang.

"Penyimpangannya itu pertama mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi. Kedua, syahadat yang dipakai berbeda. Salatnya juga hanya dua kali, jam 05.00 WIB pagi dan 17.00 WIB menurut pemahaman mereka," kata Agus kepada wartawan di Kesbangpol Kabupaten Bogor, Rabu (7/12/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris FKUB Kabupaten Bogor Asep Saefudin mengatakan Imam Mahdi dinyatakan sesat.

"Itu sudah masuk dalam kriteria ajaran sesat. Dari 10 kriteria poin, ini ada masuk semua," kata Asep Saefudin.

Asep mengatakan ajaran serupa pernah muncul di Cileungsi pada 2004. Kali ini merupakan bentuk evolusinya.

"Ini adalah satu yang aliran yang evolusi tahun 2004. Nama gurunya Pak Abas di Cileungsi di daerah kita atasi. Ternyata masih ada pengikutnya di daerah Jonggol dan sekarang baru muncul," tuturnya.

Baca di halaman selanjutnya keduanya bertobat....

Simak Video 'Heboh Sepasang Lansia di Bogor Mengaku Imam Mahdi-Ratu Adil':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT