Polisi Datakan Gereja-gereja di Jaksel Jelang Pengamanan Natal 2022

ADVERTISEMENT

Polisi Datakan Gereja-gereja di Jaksel Jelang Pengamanan Natal 2022

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 23:16 WIB
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi berkoordinasi dengan pengurus gereja untuk persiapan pengamanan Natal 2022.
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi berkoordinasi dengan pengurus gereja untuk persiapan pengamanan Natal 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Menjelang Natal 2022, polisi mendatakan gereja-gereja yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Pendataan dilakukan untuk mempersiapkan pengamanan menyambut perayaan Natal dan tahun baru 2023.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan dari hasil pendataan pihaknya ada 115 gereja di wilayah Jakarta Selatan. Polisi mendatangi satu per satu gereja untuk mengkoordinasikan pengamanan dan kesiapan ibadah natal di setiap gereja.

"Sore hari ini hingga malam nanti, 115 gereja yang ada di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan kami sambangi, kami kunjungi, saya, Kabagops, pejabat di polres kemudian rekan-rekan kapolsek dan Bhabinkamtibmas bersilaturahmi melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak gereja yang ada di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan," kata Ade Ary Syam Indradi di Gereja Baptis Independent Indonesia, Mampang Prapatan, Jaksel, Rabu (7/12/2022).

Ade Ary mengatakan koordinasi itu bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan di setiap gereja. Dia menerangkan kerja sama antara aparat dam pengurus gereja di wilayah Jaksel masih terjalin dengan baik.

"Untuk menciptakan sistem pengamanan yang lebih baik lagi, dan kami sudah lihat langsung, tadi ada beberapa gereja yang sudah kami datangi langsung, itu luar biasa kerja sama yang terbangun juga sudah baik," ujarnya.

Dia mengatakan anggota Bhabinkamtibmas juga telah memiliki nomor pribadi pengurus gereja di setiap wilayah. Dia menyatakan pihaknya siap membantu pengamanan saat perayaan natal nanti.

"Bhabinkamtibas sudah punya nomor handphone bapak pendeta, pengurus gereja, ini mari sama-sama kita tingkatkan lagi agar nanti dalam waktu dekat, saudara-saudara yang beragama Nasrani dan Katolik akan merayakan hari natal dan perayaan tahun baru," kata Ade Ary.

"Tentunya nanti ada pelaksanaan ibadah misa, peribadatan kebaktian, kami akan membantu mengamankan pak, silakan nanti komunikasi dengan petugas kami di lapangan, kami siap mengamankan kegiatan dari saudara-saudara kami," lanjutnya.

Sementara itu, Pendeta Gereja Babtis Independen Indonesia, Markus Suyatno mengatakan pihaknya terbuka menerima setiap kunjungan. Dia mengatakan kegiatan gereja dijalankan dengan berpegang penuh pada Pancasila.

"Kami sebagai orang Kristen, warga lingkungan di kampung Pela Mampang Jakarta selalu terbuka untuk siapapun, kami menghormati, kami tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan kami mendukung program pemerintah segalanya supaya Indonesia makin maju dan makin lebih sukses lagi bahkan kepimpinannya yang akan datang pun setidaknya akan melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan selama ini," tutur Markus.

Sejumlah gereja yang dikunjungi Polres Metro Jakarta Selatan di antaranya Gereja HKBP Sudirman, Gereja Santo Fransiskus Asisi, Gereja Eklesia GPIB, Gereja Keluarga Kudus Katolik, Gereja Katolik Santo Stefanus, Gereja GKI Pondok Indah, Gereja GPIB Gideon, dan Gereja Katolik Santo Yohanes Penginjil.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT