Kakorlantas ke Merak Bahas Persiapan Pengamanan Libur Nataru 2023

ADVERTISEMENT

Kakorlantas ke Merak Bahas Persiapan Pengamanan Libur Nataru 2023

M Iqbal - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 18:35 WIB
Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi
Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi. (M Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Persiapan pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) dimulai saat ini. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Shantyabudi melakukan peninjauan, salah satunya ke Pelabuhan Merak, Banten, yang selalu ramai saat masa liburan.

Firman menjelaskan Korlantas telah menerima paparan analisis sejumlah pihak, seperti BMKG, Basarnas, Kemenhub, dan ASDP, terkait prediksi kondisi libur Nataru. Khusus di Pelabuhan Merak, lanjut Firman, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menjelaskan strategi memperlancar arus liburan.

"Disampaikan Pak Dirjen tadi, ini sekali lagi untuk memudahkan masyarakat dalam proses penyeberangan. Lancar dan tertib dalam administrasi ticketing, tertib antre di jalan raya untuk keselamatan, tertib antre menjelang masuk ke kapal dan seterusnya. Ini sangat membantu masyarakat sendiri dalam melakukan perjalanan," katanya di Pelabuhan Merak, Rabu (7/12/2022).

Masyarakat diminta melakukan persiapan matang sebelum liburan Nataru, semisal memesan tiket kapal secara online.

"Hari ini kita laksanakan koordinasi awal. Nanti minggu-minggu depan bisa saja kita datang lagi ke sini, untuk memastikan apa yang sudah kita bahas tadi, tindak lanjutnya sambil menunggu perintah resmi secara formal. Kita akan laksanakan persiapan-persiapan bersama stakeholders," ujarnya.

Firman kemudian mengimbau turut membuat prediksi perjalanan liburan, dengan memerhatikan tanggal. Tahun ini, Firman mengingatkan Natal dan tahun baru sama-sama jatuh pada Minggu, lalu Senin masuk kerja atau sekolah.

"Saya ingin mengingatkan bahwa Natal jatuh pada Minggu dan tahun baru juga Minggu. Hari Senin sudah mulai kerja, sekolah. Jadi tolong pertimbangkan perlukah melakukan perjalanan atau cukup di kota masing-masing melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru sambil melihat situasi cuaca," tutur dia.

(bal/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT