PKS Bela Anggotanya soal Interupsi, Jelaskan Polemik Catatan RKUHP

ADVERTISEMENT

PKS Bela Anggotanya soal Interupsi, Jelaskan Polemik Catatan RKUHP

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 07:11 WIB
Jubir PKS Muhammad Iqbal
Foto: Jubir PKS Muhammad Iqbal (Dok.Istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sempat bersitegang dengan anggota DPR perwakilan fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis, saat rapat paripurna pengesahan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) jadi Undang-undang. PKS menyampaikan protes atas sikap Dasco yang dinilai tidak demokratis.

Protes itu disampaikan juru bicara PKS Muhammad Iqbal. Dia awalnya bicara terkait Peraturan DPR RI nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib, pasal 257 yang menyebutkan bahwa setiap anggota diberi waktu untuk bicara atau mengajukan pertanyaan paling lama 3 menit dan 5 menit bagi juru bicara.

"Iskan Qolba yang melalukan interupsi di Sidang Paripurna DPR tidak diberi hak bicara penuh oleh pimpinan DPR, baru 1-2 menit bicara, Sufmi Dasco sebagai pimpinan DPR tiba-tiba memotong interupsi," kata Iqbal dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Iqbal menyayangkan sikap Dasco padahal kadernya tengah menyampaikan catatan tertulis PKS terkait Pasal 240 RKUHP. Menurutnya, pasal tersebut berkaitan dengan pidana 3 tahun bagi pihak yang menghina pemerintah di muka umum.

"Padahal Iskan Qolba sedang menyampaikan tambahan catatan tertulis dari Fraksi PKS terkait pasal, Iskan menjelaskan bahwa F-PKS menolak pasal 240 RKUHP yang akan disahkan oleh DPR. Pasal tersebut ialah setiap yang menghina pemerintah di muka umum, dipidana 3 tahun," ucapnya.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan yang dilakukan Dasco merupakan perilaku yang tidak etis. Dia menilai tindakan itu juga melanggar tata tertib DPR.

"Memotong pembicaraan dan tidak memberi waktu sesuai aturan adalah tindak yang tidak etis, tidak demokratis dan melanggar peraturan tata tertib DPR!" tegasnya.

"Kalau anggota DPR saja dalam rapat sudah dibatasi berbicara, bagaimana dengan rakyat, itu mengancam demokrasi kita. Harus dikoreksi bersama," tutup Iqbal.

Simak debat panas PKS dan Dasco di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Pengesahan RKUHP yang Diwarnai Interupsi dan Aksi Protes':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT