Walkot Depok soal Pohon Dipasangi Barcode Habiskan Rp 49 Juta: Masih Murah

ADVERTISEMENT

Walkot Depok soal Pohon Dipasangi Barcode Habiskan Rp 49 Juta: Masih Murah

Devi Puspitasari - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 20:54 WIB
Warga berjalan disamping pohon yang dipasang
Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memasang barcode pada 1.500 pohon di Jalan Margonda dan Jalan Ir H Juanda, Depok, dengan total anggaran Rp 49 juta. Wali Kota (Walkot) Depok Mohammad Idris mengatakan hal itu masih terbilang murah.

"Untuk barcode dan untuk sistemnya itu ya sekitar Rp 40-an juta lah dan ini bisa dibilang murah," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Walkot mengatakan pemasangan barcode bertujuan melaksanakan perda nomor 11 perlindungan pohon secara khusus. Selain itu, juga untuk melaksanakan aturan perundangan terkait masalah perlindungan lingkungan .

"Disamping kita melaksanakan aturan perundangan terkait masalah perlindungan lingkungan melaksanakan pohon dan juga melaksanakan perda tadi," kata Idris.

Idris mengatakan saat ini sudah ada 1.500 pohon yang terpasang barcode. "Nanti kan ada anggaran-anggaran untuk operasional lainnya tentunya ada penambahan 2 anggaran dengan jumlah pohon yang ada di Kota Depok," lanjutnya.

Perlu diketahui, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok melalui situs resmi Pemkot Depok menerangkan pemasangan barcode di ribuan pohon di sepanjang ruas Jalan Margonda dan Juanda Depok berisi informasi edukasi berupa nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon, dan kode pohon untuk pendataan.

Lihat juga Video: Stok Pohon Natal Menipis, Pembeli Borong Sejak September

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT