Pohon di Depok Dipasangi Barcode Habiskan Rp 49 Juta, Warga: Nggak Efektif!

ADVERTISEMENT

Pohon di Depok Dipasangi Barcode Habiskan Rp 49 Juta, Warga: Nggak Efektif!

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 18:37 WIB
Pohon di Depok dipasang barcode. (Devi/detikcom)
Pohon di Depok dipasangi barcode. (Devi/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memasang barcode pada 1.500 pohon di Jalan Margonda dan Jalan Ir H Juanda, Depok, dengan total anggaran Rp 49 juta. Warga menilai program tersebut tidak efektif.

detikcom menyusuri Jalan Raya Margonda dan Jalan Ir H Juanda yang pohon-pohonnya dipasangi barcode. Di Jalan Raya Margonda, pohon yang dikalungi barcode tersebut terletak di tengah pembatas jalan, sedangkan di Jalan Ir H Juanda terletak pada pinggir jalan dan tengah pembatas jalan.

Salah seorang warga bernama Marlia (46) mengaku tidak mengetahui fungsi barcode tersebut. Marlia menilai lokasi penempatan pohon barcode hampir tidak dilalui pejalan kaki.

"Baru lihat, nggak efektif. Kalau buat edukasi, orang yang lewat cuma sedikit, bahkan hampir nggak ada orang lewat," kata Marlia.

Di sisi lain, seorang pekerja bernama Marleene (23) menilai pemasangan barcode pada pohon akan tepat apabila terletak pada lokasi yang ramah bagi pejalan kaki.

"Untuk pemakaian di pinggir jalan raya yang arusnya kencang, kurang worth it kalau memang targetnya sebagai edukasi masyarakat, karena motor/mobil susah untuk scan, misal hanya ingin coba/ingin tahu fungsinya," kata Marleene.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok melalui situs resmi Pemkot Depok menerangkan pemasangan barcode di ribuan pohon di sepanjang ruas Jalan Margonda dan Juanda Depok berisi informasi edukasi berupa nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon, dan kode pohon untuk pendataan.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma menyampaikan tujuan utama pemasangan barcode tersebut adalah pendataan pada pohon agar tidak sembarangan ditebang oleh warga. Indra juga mengatakan pemasangan barcode akan tersebar pada setiap taman Kota Depok.

Pemasangan barcode pada pohon untuk mengedukasi warga Depok dalam mengenali jenis pohon dan manfaatnya. Indra menambahkan, pemasangan barcode pada pohon bukan dipaku, melainkan diikat.

"Fungsi lain bisa sebagai edukasi warga Depok untuk lebih mengenal jenis pohon dan manfaatnya sebagai penghasil oksigen. Barcode dipasang dengan cara diikat, bukan dipaku. Barcoding pohon baru kita mulai untuk pohon di Margonda dan Juanda," tutupnya.

Simak juga 'Viral Revitalisasi Trotoar Blokir Akses SDN 1 Pocin Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT