Tangis dan Amarah Kombes Susanto Ungkit Kebohongan Sambo

ADVERTISEMENT

Tangis dan Amarah Kombes Susanto Ungkit Kebohongan Sambo

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 20:35 WIB
Kombes Susanto Saat Bersaksi dalam sidang Ferdy Sambo
Kombes Susanto (kanan) saat bersaksi dalam sidang Ferdy Sambo. (Dok. TV Pool)
Jakarta -

Suasana sidang lanjutan Ferdy Sambo tiba-tiba haru kala mantan anak buah Ferdy Sambo meluapkan kesedihan dan amarahnya. Anak buah Sambo itu adalah Kombes Susanto Haris.

Kombes Susanto adalah mantan Kepala Bagian Penegakan Hukum Provos Polri di Divpropam Polri. Susanto dari sisi pengalaman kerja di Polri jauh lebih senior dengan Sambo.

Susanto meluapkan amarah dan tangisannya ketika sesi tanya jawabnya dengan majelis hakim di persidangan Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, PN Jaksel, Selasa (6/12/2022).

Mulanya, hakim ketua Wahyu Iman Santoso bertanya apakah Susanto turut dipatsus dan disidang kode etik terkait kasus ini. Susanto membenarkan itu.

"Saudara ikut dipatsus?" tanya hakim.

"Ikut," kata Susanto.

"Ikut disidang kode etik?" tanya hakim.

"Ikut, Yang Mulia," kata Susanto.

Susanto menyebut hukuman yang diterimanya dipatsus 29 hari dan didemosi 3 tahun. Susanto menyampaikan itu dengan suara bergetar.

"Patsus 29 hari dan demosi 3 tahun," kata Susanto.

"Saudara tidak dijadikan tersangka dalam terdakwa dalam perkara ini?" tanya hakim.

"Siap, tidak," jawab Susanto.

Susanto mengaku kecewa, marah, dan kesal karena tak menyangka Ferdy Sambo yang merupakan seorang jenderal tega membohongi dirinya. Dengan suara bergetar, Susanto mengatakan Sambo telah menghancurkan kariernya yang dibangun puluhan tahun.

"Bagaimana perasaan Saudara?" tanya hakim.

"Kecewa, kesal, marah, jenderal kok bohong, jenderal kok tega menghancurkan karier, 30 tahun saya mengabdi hancur di titik nadi terendah pengabdian saya, belum yang lain-lain, anggota-anggota hebat Polda Metro Jaksel Pak, bayangkan kami Kabag Gakkum yang biasa memeriksa polisi yang nakal kami diperiksa," kata Susanto.

Simak Video: Benny Ali: Seandainya Tahu Ada Rekayasa, Saya yang Tangkap Ferdy Sambo

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT