Puan Ajak Pemuda Terapkan Ajaran Trisakti Bung Karno & Gotong Royong

ADVERTISEMENT

Puan Ajak Pemuda Terapkan Ajaran Trisakti Bung Karno & Gotong Royong

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 17:45 WIB
Puan Maharani
Foto: Ketua DPR RI Puan Maharani (Dok. DPR RI)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak kaum muda untuk menerapkan prinsip Trisakti Bung Karno. Prinsip tersebut diyakini Puan dapat membangun Indonesia menjadi negara berdaulat.

Hal itu disampaikan Puan dalam orasi ilmiahnya di acara wisuda Program Sarjana dan Magister IV Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Bung Karno di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Ajaran Bung Karno, namun yang paling mendasar adalah Trisakti Bung Karno. Bagaimana membuat Indonesia itu bisa berdaulat, bisa mandiri, bisa berkebudayaan," kata Puan saat dikutip dari Antara, Selasa (6/12/2022).

Ia pun mengingatkan agar pemuda menjaga kelestarian budaya dan tidak terbawa arus. Ia menuturkan berkebudayaan secara Indonesia adalah mencintai dan menghargai kesenian Indonesia. Adapun bangsa yang berdaulat menurutnya adalah bangsa yang memiliki harga diri, serta masyarakatnya bangga menjadi orang Indonesia.

Puan juga mendorong pemuda untuk mengimplementasikan ajaran Bung Karno soal gotong royong sesuai dengan intisari Pancasila. Penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, antara lain dengan bekerja sama tanpa membedakan, suku, agama, dan daerah asal.

"Itu semua hanya akan tercapai kalau pemuda dan pemudi Indonesia, adik-adik sekalian yang hari ini sudah mendapatkan ijazah sebagai wisudawan dan wisudawati bisa mengimplementasikan ajaran-ajaran Bung Karno itu di posisi yang nanti akan kalian tuju, di posisi yang kalian menjadi cita-cita kalian," tutur Puan.

Mengutip pernyataan Bung Karno pada peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 1966, Puan berpesan kepada pemuda agar melengkapi keahlian dengan jiwa yang besar. Menurutnya, hal itu akan membawa pemuda mencapai tujuannya.

"Inilah perlunya, sekali lagi mutlak perlunya, Nation and Character Building. Memberikan self respect kepada bangsa sendiri, memberikan self confidence kepada diri bangsa sendiri, memberikan kesanggupan untuk berdikari," ujar Puan.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT