Puan Dorong Perempuan Berani Jadi Pemimpin: Jangan Merasa Tidak Bisa

ADVERTISEMENT

Puan Dorong Perempuan Berani Jadi Pemimpin: Jangan Merasa Tidak Bisa

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 17:19 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto: Dok. DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menginspirasi anak muda, terutama perempuan, untuk dapat membuktikan diri menjadi pemimpin. Menurutnya, perempuan harus menjauhi pikiran bahwa perempuan tidak bisa jadi pemimpin.

"Jangan pernah merasa bahwa tidak bisa jadi pemimpin, kalian harus semangat karena saya sudah membuktikan kita bisa, kita mampu, kita pasti bisa, kita buktikan itu," kata Puan dikutip dari Antara, Selasa (6/12/2022).

Hal ini disampaikan Puan dalam Orasi Ilmiah di acara Wisuda Program Sarjana dan Program Magister IV Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Bung Karno pada Rabu (30/11) di Jakarta.

Puan mendorong anak muda agar tidak takut meraih mimpi. Menurutnya, kunci dari tercapainya segala cita-cita ialah kerja keras dan disiplin tinggi.

Kendati demikian, ia menilai dibutuhkan kerja keras yang lebih lagi saat menjadi pemimpin perempuan. Tak hanya harus membuktikan kualitas diri, pemimpin perempuan juga harus memenuhi tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu.

Untuk itu, ia pun mengingatkan agar perempuan tidak lupa mengurus tanggung jawab di rumah. Sebab menurutnya perempuan hebat juga membutuhkan dukungan dari orang-orang yang ada di rumah.

"Kita tetap butuh dukungan dari yang ada di rumah, tapi pasti bisa. Sudah ada contohnya, banyak ada Ibu Megawati pernah jadi Presiden pernah jadi Wakil Presiden, saya juga Menko pertama perempuan termuda, umur 40 tahun saya jadi Menko," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menceritakan kisahnya saat ditawarkan menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) periode 2014-2019 lalu. Ia mengaku saat itu belum memiliki kemampuan menjadi Menko.

Namun, ia tetap menerima amanah tersebut dan bertekad menjadi Menko yang mampu mengatur delapan kementerian di bawahnya. Hal ini pun mengantarkan dirinya menjadi Menko termuda dengan usia di bawah 60 tahun.

"Alhamdulillah 5 tahun selamat, berhasil bisa mengoordinasikan delapan kementerian di bawah saya. Tidak pernah berantem yang maksudnya ketika bicara di publik tidak pernah beda-beda dan kita jalankan semua program pemerintah dengan baik. Umur tidak masalah, muda atau tua, laki-laki perempuan bisa jadi pemimpin," tegasnya.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT