Viral Polisi Tilang Pengendara di Dalam Toko di Ciledug, Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Viral Polisi Tilang Pengendara di Dalam Toko di Ciledug, Ini Faktanya

Adrial Akbar - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 16:18 WIB
Viral video polisi tilang pengendara di dalam toko di Ciledug
Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Sebuah video viral di media sosial menunjukkan anggota polisi lalu lintas (polantas) yang melakukan tilang ke pengendara secara manual di dalam sebuah toko. Peristiwa ini terjadi di Ciledug, Kota Tangerang.

Dalam video yang dilihat detikcom, Selasa (6/12/2022), ada dua polantas yang sedang berdiskusi dengan pengendara motor. Dinarasikan di video tersebut, polisi itu menilang pengendara motor di dalam sebuah ruangan.

"Nih liat nih di luar banyak pelanggaran, banyak yang nggak pakai helm, banyak yang nggak pakai helm, tapi cara tilangnya gini," ujar pria dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Ciledug Kompol Noor Meghantara membantah adanya penilangan seperti yang dinarasikan dalam video. Menurutnya, anggotanya kala itu hanya mengamankan kendaraan bermotor tersebut karena tidak memiliki surat-surat.

"Itu sudah ada klarifikasinya. Itu ngak ada tilang. Nggak ada penilangan di situ. Itu salah paham. Jadi si orang yang meng-upload ini diamankan karena motornya tanpa ada pelat nomor dan tanpa ada kelengkapan surat-surat kendaraan," ujar Noor ketika dikonfirmasi, Selasa (6/12).

Noor menuturkan kala itu anggotanya meminta pengendara motor tersebut membawa surat-surat kendaraan bermotor. Namun pengendara tersebut salah paham dan mengira sedang ditilang.

"Nah, suruh bawa surat-surat yang datang temannya, temannya nggak paham tuh dikira ditilang di sini, kenapa ditilang, padahal nggak ditilang," sebut Noor.

Noor mengatakan pengamanan kendaraan bermotor pengendara itu perlu dilakukan untuk sekadar memastikan motor tersebut bukan curian. Ketika surat-suratnya sudah ditunjukkan, motor itu langsung dikembalikan.

"Karena kan liat motor tanpa kelengkapan surat kan, plat nomor, pasti diamankan dulu dong takutnya motor curian. Udah setelah dia bawa surat-suratnya yang memvideo itu yang bawa surat-suratnya malah," ujarnya.

Lebih lanjut. Noor memastikan bahwa perkara ini sudah selesai. "Udah (selesai), itu salah paham aja," pungkasnya.

Lihat juga video 'Polisi Mulai Kembali Tilang Manual, Ini Pelanggaran yang Diincar':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT