Lubang Mirip Sumur di Jl Sholis Bogor Selesai Diperbaiki

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Lubang Mirip Sumur di Jl Sholis Bogor Selesai Diperbaiki

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 11:16 WIB
Lubang mirip sumur di Jl Sholis Kota Bogor selesai diperbaiki,
Lubang mirip sumur di Jl Sholis Kota Bogor selesai diperbaiki (Sholihin/detikcom)
Kota Bogor -

Lubang mirip sumur di Jl Sholeh Iskandar (Jl Sholis), Tanah Sareal, Kota Bogor, kini telah ditambal. Pengendara kini bisa melintas dengan aman tanpa khawatir tercebur ke dalam lubang mirip sumur itu.

"Sudah diperbaiki, sudah bisa dilintasi kendaraan," kata pejabat pembuat komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat Adrianto Putra Prasetyo, Selasa (6/12/2022).

Adrianto menjelaskan perbaikan dilakukan dengan pemasangan beton atau boks culvert pada saluran air di bawah Jl Sholis, yang sebelumnya ambles hingga muncul lubang mirip sumur. Pemasangan boks culvert, kata Adrianto, membuat lintasan lebih kokoh mesti dilintasi kendaraan berat.

"Iya, lebih kuat ketika dilintasi kendaraan. Saluran air di bawah Jl Sholis juga tetap aman, lebih luas dan tidak ada penyumbatan," kata Adrianto.

Pantauan detikcom, lubang mirip sumur di Jl Sholis kini sudah ditutup aspal. Kendaraan bisa melintasi titik bekas lintasan dengan aman. Arus lalu lintas di bekas titik lubang mirip sumur juga tampak lebih lancar, hambatan arus terjadi karena di lokasi terdapat putaran atau atau U-turn.

"Alhamdulillah ya sudah diperbaiki, sudah ditambal lubangnya. Kemarin sebelum ditambal, apalagi pas jalan dipindahin ke sebelah (contraflow), macetnya minta ampun. Alhamdulillah sekarang sudah nggak macet lagi, macetnya paling biasa-biasa saja kalau sekarang, nggak horor kayak kemarin," kata salah satu pemotor Dede Iskandar yang melintas di Jl Sholis.

Penyebab Adanya Lubang

Penyebab munculnya lubang di jalan tersebut adalah masalah di saluran air di bawah aspal. Adrianto pernah menuturkan, sebelum adanya lubang, pernah ada perbaikan dengan cara diaspal.

"Kalau di lokasi memang ada bekas aspal baru, minggu lalu kita patching sementara waktu ada penurunan jalan, supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Adrianto ketika dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (29/11).

Adrianto menyebut lubang mirip sumur itu muncul diduga akibat patahan konstruksi saluran air di bawah Jl Sholis. Patahan ini membuat jalan ambles dan berujung membentuk lubang mirip sumur.

"Minggu lalu sudah kami survei sebelum terjadi lubang. (Penyebab lubang) ada cross drainage (gorong-gorong) yang patah di kedalaman kurang lebih 3 meter," terang Adrianto.

Simak juga 'Polri Upayakan Jalan Tol Jakarta-Cirebon Bebas Lubang Saat Nataru':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT