Dalih 'Menata' Pemkot Depok Saat Gusur SDN Pocin 1 Berujung Ratapan Siswa

ADVERTISEMENT

Dalih 'Menata' Pemkot Depok Saat Gusur SDN Pocin 1 Berujung Ratapan Siswa

Devi Puspitasari - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 06:40 WIB
Relokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1 untuk pembangunan Masjid Raya menimbulkan polemik, Jumat (18/11/2022). Selain itu, para siswa juga harus belajar tanpa guru.
Foto: SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Depok -

Polemik relokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1 di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat (Jabar) masih belum menemukan titik terang. Awal pekan ini, para siswa mengikuti ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) di tiga tempat yang berbeda yakni SDN Pocin 1, SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5.

Seorang siswa berinisial AF mengaku dirinya terpaksa ikut PAS di SDN Pocin 5 demi keamanan belajar. Dalam hati, AF mengaku sedih berpisah dari teman-temannya yang bertahan di SDN Pocin 1.

"Kita pindah ke Pocin 5 dulu. Tergantung kalau ada informasi pindah lagi ke Pocin 1, baru pindah. Kita nyari aman aja ya. Kita sedih, tapi mau jadi masjid juga bagus. Tapi dijadiin masjid jangan di sekolah juga, kan bisa di tempat lain," kata salah seorang siswa berinisial AF saat ditemui di SDN Pocin 1, Senin (5/12/2022).

Teman AF, berinisial RS berharap perjuangan mempertahankan SDN Pocin 1 tak hanya dilakukan dirinya, teman-teman dan para orang tua murid. Dia berharap para guru juga membantu menolak rencana relokasi SDN Pocin 1.

"Ibu bantu buat sekolah kita biar nggak digusur. Sekolah ini jangan digusur biar kumpul lagi sama teman-teman. Kita sudah (memasuki masa) ujian, jadi nyari aman aku ke Pocin 5," ujar RS.

Para guru SDN Pocin 1 memang sudah tak hadir lagi di sekolah sejak 14 November kemarin. Siswa yang bertahan di SDN Pocin 1 pun akhirnya diajar oleh orang tua serta para relawan.

Namun saat pekan PAS, para guru kembali datang ke SDN Pocin 1 untuk mengawasi proses ujian. Tercatat ini ada sekitar 183 siswa SDN Pocin 1 yang mengikuti ujian ini.

Pantauan detikcom, sejumlah guru kembali datang mengawasi prosesi PAS. Ujian ini merupakan kegiatan terakhir mereka sebelum dipaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok angkat kaki dari SDN Pocin 1.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Viral Revitalisasi Trotoar Blokir Akses SDN 1 Pocin Depok':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT