Ragam Alasan Pemkot Depok Gusur SDN Pocin 1 demi Bangun Masjid Raya

ADVERTISEMENT

Ragam Alasan Pemkot Depok Gusur SDN Pocin 1 demi Bangun Masjid Raya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Des 2022 18:15 WIB
Akses ke SDN 1 Pocin, Beji, Depok, Jawa Barat, sebelumnya tertutup revitalisasi trotoar Jalan Margonda yang elevasinya lebih tinggi dari gerbang. Kini anak tangga pun dibuat.
Spanduk penolakan relokasi SDN Pocin 1 yang dipasang di pagar sekolah beberapa waktu lalu. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus melanjutkan rencana menggusur SDN Pondok Cina (Pocin) 1. Setelah itu, di bekas lahan sekolah itu akan dibangun masjid raya.

Sejumlah alasan diungkap pejabat Pemkot Depok untuk melanjutkan rencana tersebut. Di sisi lain, nasib siswa SDN Pocin 1 dianggap tuntas dengan memencar mereka ke SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5.

Alasan Walkot Depok

Wali Kota (Walkot) Depok Mohammad Idris mengatakan siswa SDN Pocin 1 direlokasi karena akan dibangun Masjid Raya. Idris pun menyinggung arahan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK).

"Pak Gubernur ingin sekali mengakomodir bersama orang-orang Depok yang selalu sampai laporannya ke provinsi. Bahwa orang Depok, katanya, kalau pulang kerja itu susah, khususnya yang orang Islam susah mereka salat nyari masjid," kata Idris di RSUD Anugerah Sehat Afiat (ASA), Cimpaeun, Tapos, Depok, Selasa (15/11/2022).

Idris lantas diminta mencari tanah untuk pembangunan masjid. Namun, lanjut dia, tanah di Margonda sudah di atas Rp 30 juta per meternya.

Wali Kota Depok Mohammad IdrisWali Kota Depok Mohammad Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)

"Nah, makanya saya disuruh nyari tanah. 'Pak Gubernur, karena di Margonda sekarang sudah di atas Rp 30 juta per meter, nggak bisa beli pakai APBN'. Cari aset, aset pemerintah atau tanah negara, ini arahan beliau. Nah, kita carilah dan dapatlah itu tadi (Tanah di SDN Pocin 1)," sambungnya.

Idris mengatakan Pemprov Jabar sudah berkomitmen untuk membantu hibah barang dan desain pun dibuat Pemprov Jabar. Pemkot Depok, lanjutnya, tengah merencanakan pembelian lahan baru untuk SD tersebut. Dia menilai keberadaan SD Negeri Pocin 1 di wilayah tersebut membahayakan karena di samping jalan raya utama Margonda.

Terkait hal itu, Ridwan Kamil mengatakan lokasi masjid raya bisa dipindah jika polemik lahan SDN Pocin 1 belum beres. Dia juga meluruskan berita yang menyebut rencana pembangunan masjid di lahan SDN Pocin 1 merupakan perintahnya selaku Gubernur Jabar.

"Pemerintah Provinsi Jabar kapasitasnya hanya menampung aspirasi daerah. Mau alun-alun silakan, mau pariwisata, gedung kesenian, maupun masjid/rumah ibadah, silakan," kata RK dalam akun Instagramnya seperti dilihat, Kamis (17/11).

Dia mengatakan Pemkot Depok selama ini melapor ke Pemprov Jabar kalau lahan untuk masjid sudah aman. RK mengaku sempat bertanya mengapa SDN Pocin 1 harus direlokasi.

RK berharap polemik relokasi SDN Pocin 1 bisa segera dituntaskan lewat musyawarah. Dia mengatakan lokasi proyek masjid bisa dipindah atau bahkan batal jika lahan tak jelas.

Namun Sekda bilang Pemkot Depok tak berencana membangun gedung untuk SDN lagi. Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT