Kuat Ma'ruf Minta Jaksa Ngomong Pelan-pelan: Otak Saya Nggak Sampai

ADVERTISEMENT

Kuat Ma'ruf Minta Jaksa Ngomong Pelan-pelan: Otak Saya Nggak Sampai

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 05 Des 2022 21:42 WIB
Kuat Maruf
Sopir istri Sambo Putri Candrawati sekaligus terdakwa pembunuhan Yosua Hutabarat, Kuat Ma'ruf (berkemeja dan masker putih). (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Jaksa penuntut umum (JPU) mencecar Kuat Ma'ruf saat bersaksi di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Kuat meminta jaksa bertanya pelan dengan dalih sulit dimengerti.

Awalnya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022), jaksa mencecar Kuat saat diperintah Ferdy Sambo (FS) memanggil Ricky Rizal dan Yosua sebelum pembunuhan terjadi.

"Tadi kamu diminta FS panggil Ricky Yosua?," tanya Jaksa

"Betul," singkat Kuat.

"Mereka berdua saja dan tujuannya nggak tahu?" timpa Jaksa.

"Tidak tahu," jawab Kuat.

Jaksa lantas bertanya kembali kenapa Kuat Ma'ruf ikut masuk padahal yang dipanggil hanya Yosua dan Ricky Rizal. Kuat berdalih biasanya kalau ada masalah dirundingkan bersama.

"Karena setahu saya, sepemahaman saya, kalau ada yang punya salah, Bapak (Ferdy Sambo) panggil semuanya hadir," ujarnya.

Kuat kemudian menduga panggilan tersebut berhubungan dengan kejadian yang terjadi di Magelang. Jaksa lantas menegur Kuat karena semua kesaksian dihubungkan ke Magelang.

Saat itu jaksa mencecar Kuat dengan beberapa pertanyaan. Kuat pun meminta jaksa bertanya secara pelan karena pertanyaan sulit dicerna oleh otaknya. Hal tersebut lantas mengundang gelak tawa dari para peserta sidang.

"Kok kalau ada yang salah, kamu kan disuruh panggil?," tanya Jaksa.

"Itu dia, saya berpikir jangan-jangan Ibu (Putri Candrawathi) sudah ngadu yang di Magelang. Pikir saya itu," jawab Kuat.

"Terus?," tegas jaksa.

"Bapak nanya saya pelan-pelan. Otak saya nggak nyampe, Pak ini. Kalau saya pintar, nggak jadi supir saya pak," kata dia.

Dalam dakwaan jaksa, Yosua ditembak oleh Eliezer dan Ferdy Sambo. Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma'ruf juga didakwa bersama-sama Sambo.

Para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Simak video 'Kuat Ma'ruf: Saya Takut, Pikir Saya Waktu Itu Mau Ditembak Juga':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT