Kuat Ma'ruf Sempat Takut Saat Sambo Menoleh: Saya Pikir Mau Ditembak Juga

ADVERTISEMENT

Kuat Ma'ruf Sempat Takut Saat Sambo Menoleh: Saya Pikir Mau Ditembak Juga

Wilda Hayatun Nufus, Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 05 Des 2022 20:50 WIB
Sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Bharada E, Kuat Maruf dan Bripka Ricky digelar di PN Jaksel hari ini. Begini momennya.
Kuat Ma'ruf (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kuat mengaku kaget saat Ferdy Sambo menoleh ke arahnya seusai pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terjadi. Dia takut saat itu akan dijadikan sasaran berikutnya.

Hal tersebut diungkapkan saat Kuat Ma'ruf bersaksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). Duduk sebagai terdakwa Bharada Richard Eliezer alias Bharada E dan Bripka Ricky Rizal.

Mulanya Kuat menjelaskan detik-detik penembakan yang terjadi. Saat itu Kuat mengaku Yosua tengah dimarahi Ferdy Sambo di ruangan tengah. Saat itu dia mendengar jelas bahwa Ferdy Sambo berteriak berteriak 'Hajar Chad'.

"Yosua lagi ngadep ke sini, Bapak marah-marah. Saya geser tuh, Bapak lagi marah, Yos bilang 'apa, apa', saya geser ke dekat kompor, saya dengar 'hajar Chad, hajar Chad' ditembak sama Richard 'der der' nggak tahu berapa, Yosua tengkurap di samping tangga," jelas Kuat di ruang sidang.

Kuat mengatakan saat itu Sambo sempat menoleh ke arahnya. Seketika dia bergidik takut menjadi sasaran berikutnya. Namun setelah itu Sambo maju ke depan untuk menembakkan senjata ke arah tembok.

"Setelah itu Sambo sempat menoleh belakang, saya waktu itu ketakutan, karena saya pikir saya mau ditembak waktu itu. Ternyata Bapak maju ke depan tembak-tembak tembok," jelasnya.

Dalam dakwaan jaksa, Yosua ditembak oleh Eliezer dan Ferdy Sambo. Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma'ruf juga didakwa bersama-sama Sambo.

Para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

(dhn/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT