Hari Antikorupsi Sedunia 2022: Tema, Logo, dan Sejarah Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Antikorupsi Sedunia 2022: Tema, Logo, dan Sejarah Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 05 Des 2022 17:07 WIB
Hari Antikorupsi Sedunia 2022 jatuh pada tanggal 9 Desember. Simak tema dan logo peringatan tahun ini yang dirilis oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Logo Hari Antikorupsi Sedunia 2022 (Foto: kpk.go.id)
Jakarta -

Hari Antikorupsi Sedunia 2022 (Hakordia 2022) jatuh pada tanggal 9 Desember. Tema dan logo peringatan Hakordia tahun ini sudah dirilis.

Berikut serba-serbi peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2022.

Tema Hari Antikorupsi Sedunia 2022

Dilansir situs resmi KPK, tema Hari Antikorupsi Sedunia 2022 adalah "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi". Melalui tema ini, KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi. Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di negeri ini tanpa terkecuali.

Hakordia tahun 2022 adalah salah satu upaya menyampaikan laporan kepada publik tentang langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya. Peringatan ini juga mendorong gerakan antikorupsi yang telah direspons oleh berbagai pihak dan mempresentasikannya kepada masyarakat.

Hari Antikorupsi Sedunia 2022 jatuh pada tanggal 9 Desember. Simak tema dan logo peringatan tahun ini yang dirilis oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Hari Antikorupsi Sedunia 2022 (Hakordia 2022) jatuh pada tanggal 9 Desember. Peringatan Hakordia di Indonesia diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: kpk.go.id)

Logo Hari Antikorupsi Sedunia 2022

Beberapa logo Hakordia 2022 dirilis KPK guna memeriahkan peringatannya tanggal 9 Desember. Logo Hari Antikorupsi Sedunia 2022 dapat diunduh di sini.

Acara Puncak Hakordia 2022

Pembukaan puncak acara Hakordia 2022 akan disiarkan secara langsung di media sosial KPK. Waktu pelaksanaan kegiatannya pada:

  • Hari, Tanggal: Jumat, 9 Desember 2022
  • Lokasi: Ruang Birawa Menara Bidakara, Jakarta.

Rencananya acara Hari Antikorupsi Sedunai 2022 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo sekaligus memberikan arahan mengenai pedoman pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Pembukaan puncak Hakordia 2022 akan dihadiri para menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan perwakilan mitra KPK dari seluruh Indonesia.

Sejarah Peringatan Hakordia

Dilansir situs PBB, Majelis Umum mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menentang korupsi pada 31 Oktober 2003. Kemudian, Majelis Umum juga meminta Sekretaris Jenderal untuk menunjuk kantor PBB sebagai sekretariat konferensi sekaligus kantor yang menanggulangi narkoba dan kejahatan (Nations Office on Drugs and Crime).

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) adalah bentuk komitmen dunia melawan korupsi yang diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Hari Anti Korupsi Sedunia berlaku sejak Desember 2005.

Melalui Hakordia, negara-negara di seluruh dunia ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan luar biasa. Di Indonesia, KPK menggelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia melalui sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya korupsi kepada masyarakat.

(kny/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT