Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022: Sejarah dan Temanya

ADVERTISEMENT

Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022: Sejarah dan Temanya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 05 Des 2022 14:48 WIB
Ilustrasi Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022
Ilustrasi Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022 (Foto: Sui Suadnyana/detikcom)
Jakarta -

Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day adalah hari internasional untuk meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi negara. Hari Penerbangan Sipil Internasional diperingati pada tanggal 7 Desember setiap tahunnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Penerbangan Sipil Internasional yang diperingati setiap 7 Desember, simak serba-serbinya berikut ini.

Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional

Sejarah peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional pada 7 Desember berdasarkan Konvensi Penerbangan Sipil Internasional atau yang dikenal dengan Konvensi Chicago. Hal ini dihasilkan dari Konferensi Penerbangan Sipil Internasional di Chicago pada 7 Desember 1944.

Melansir situs ICAO, pada 7 Desember 1944 digelar Konferensi Penerbangan Sipil Internasional di Chicago yang dihadiri 54 dari 55 negara yang diundang. Konferensi itu bertujuan untuk mempromosikan kerja sama dan "menciptakan dan melestarikan persahabatan dan pemahaman di antara bangsa-bangsa dan masyarakat di dunia."

Hasil dari konferensi tersebut berupa Konvensi Chicago, yakni perjanjian penting yang meletakkan dasar bagi standar dan prosedur untuk navigasi udara global yang damai. Hal ini menetapkan tujuan utama pengembangan penerbangan sipil internasional "... dengan cara yang aman dan tertib", dan sedemikian rupa sehingga layanan transportasi udara akan didirikan secara global "atas dasar kesetaraan kesempatan."

Konvensi Chicago juga meresmikan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dengan harapan bahwa untuk mengatur dan mendukung kerja sama internasional intensif yang dibutuhkan oleh jaringan transportasi udara global.

Mandat inti ICAO, kemudian seperti hari ini, adalah untuk membantu negara-negara bekerja sama untuk mencapai tingkat keseragaman setinggi mungkin dalam peraturan, standar, prosedur, dan organisasi penerbangan sipil.

Kemudian, seperti dilansir situs National Today, Hari Penerbangan Sipil Internasional pertama diadakan pada tahun 1994 sebagai bagian dari peringatan 50 tahun ICAO. Selanjutnya pada tahun 1996, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi mengakui 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Ilustrasi Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022Ilustrasi Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022 | Foto: detikcom/Leon Neal/AFP

Simak tujuan dan tema Hari Penerbangan Sipil Internasional di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT