PVMBG: Kabar Erupsi Semeru Dapat Menyebabkan Tsunami Tidak Benar!

ADVERTISEMENT

PVMBG: Kabar Erupsi Semeru Dapat Menyebabkan Tsunami Tidak Benar!

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 05 Des 2022 13:22 WIB
Ilustrasi Gunung Semeru Saat Berstatus Level 4 Awas
Ilustrasi Gunung Semeru Saat Berstatus Level 4 Awas (Foto: AFP/AGUS HARIANTO)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi ESDM meluruskan adanya kabar bohong terkait erupsi Gunung Semeru. PVMBG menegaskan kabar erupsi Gunung Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah hoax alias tidak benar.

"Kabar yang beredar bahwa erupsi G. Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah tidak benar!" tulis PVMBG lewat akun media sosial (medsos) resminya, Senin (5/11/2022).

"Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang mendampak bagian barat daya, barat dan selatan gunung api Semeru. Awan panas menjangkau kurang lebih 13 km ke arah tenggara dan tidak sampai laut," sambung PVMBG.

Data PVMBG per hari ini Senin 5 Desember 2022, masih terjadi erupsi Gunung Semeru pada pukul 23.13 WIB. Visual letusan tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 0 detik.

Status gunung Semeru masih level 4 atau awas. Masyarakat direkomendasikan tidak beraktivitas dalam radius 8 km dari kawah atau puncak gunung api Semeru.

Berikut rekomendasi PVMBG per hari Senin (5/11) seperti dimuat dalam situs resmi PVMBG:

Rekomendasi:

1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 km dari puncak.

2. Tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

3. Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Simak Video 'Seputar Jepang yang Pantau Potensi Tsunami Usai Erupsi Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT