Juara Rajawali Open 2022, Petenis Kembar Terima Kasih ke Kepala BIN

ADVERTISEMENT

Juara Rajawali Open 2022, Petenis Kembar Terima Kasih ke Kepala BIN

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 05 Des 2022 09:28 WIB
BIN
Foto: dok. BIN
Jakarta -

Petenis putri nasional, Fitriana Sabrina dan saudara kembarnya Fitriani Sabatini, tampil cemerlang di ajang Rajawali Women's Tennis Open 2022. Ana dan Ani, begitu mereka disapa, keluar sebagai juara 1 dan 2 nomor tunggal setelah berhadapan di laga final yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Minggu (4/12).

Dalam laga final petenis kembar asuhan BIN Tennis Club itu menampilkan permainan yang menarik. Meski pada akhirnya Ani harus mengakui keunggulan kakaknya, Ana dengan skor 6-4, 6-3. "Saya bisa bermain lepas, tapi keberuntungan berpihak kepada Ana hari ini," kata Ani dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Sementara itu, Ana mengaku tetap mampu bermain baik, walaupun mengalami masalah di bahu kirinya.

"Meskipun saya sakit bahu karena ketarik tapi saya bisa mengendalikan permainan Ani yang sangat bagus hari ini," ungkap Ana.

Gelar juara itu menjadi pembuktian kualitas atlet tenis kembar asal DKI Jakarta yang sehari sebelumnya telah mengantongi gelar juara dua untuk nomor ganda di kejuaraan yang sama. Ana dan Ani harus berpuas diri meraih tempat kedua setelah kalah tiga set (5-7, 6-5, 8-10) dari pasangan atlet nasional Novela Rezha dan Fadona Titalyana.

Ana menyampaikan prestasi yang diukir pada tahun ini dan optimisme pada tahun 2023 tak terlepas dari pembinaan yang mereka dapatkan selama ini dari BIN Tennis Club. Terutama, kata dia, dukungan serta bantuan langsung dari Kepala BIN Jend Polisi (Purn) Budi Gunawan.

"Kami sangat senang bisa terus berkembang, dan terbukti bisa menjadi juara di event ini. Tentu semua ini tak terlepas dari dorongan dan dukungan Bapak Kepala BIN selama ini kepada kami, juga kepada semua atlet yang tergabung dalam PORBIN. Kami yakin dengan pola pembinaan dan fasilitas serta sarana yang ada, PORBIN akan banyak membantu pengembangan olahraga di Indonesia," papar Ana.

Ana dan Ani menyatakan sebagai atlet profesional di BIN Tennis Club, mereka mendapatkan semua hal untuk berprestasi. Baik itu jadwal latihan yang sangat teratur, pelatih nasional berpengalaman, fasilitas memadai, serta dukungan berbagai ilmu pengetahuan modern untuk peningkatan performa atau sport science. Kemudian, kata Ana, yang juga sangat penting adalah penyaluran atlet ke berbagai turnamen sebagai ajang mengasah dan meningkatkan kemampuan berkompetisi agar terus berkembang.

"Terima kasih tak terhingga kepada Bapak Kepala BIN yang memikirkan perkembangan semua atlet PORBIN sejak dari sarana prasarana latihan, kesejahteraan, hingga penyaluran berupa turnamen seperti yang berlangsung saat ini. Bagi kami berdua, turnamen ini sangat bermanfaat sebagai ajang pemanasan untuk kejuaran internasional yang akan dimulai lagi Februari mendatang," ungkap Ana.

Rajawali Women's Tennis Open adalah turnamen tenis nasional yang digagas oleh Kepala BIN untuk memperbanyak ajang kompetisi bagi para atlet nasional, terutama putri yang selama ini sangat kekurangan ajang asah kemampuan. Turnamen ini terdaftar sebagai TDP (Turnamen Diakui Pelti) dan terlaksana atas kerja sama PORBIN (Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara), Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PP Pelti), dan Women in Sport National Olympic Committee (WINS NOC) Indonesia. Karena tergolong TDP, setiap atlet yang ikut serta Rajawali Women's Tennis Open akan mendapatkan poin Peringkat Nasional Pelti (PNP). Mereka juga berkesempatan mendongkrak poin Universal Tennis Rating (UTR) yang berlaku secara internasional.

Simak juga 'BIN Merambah ke Olahraga, Luncurkan PORBIN untuk Bina Atlet Prestasi':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT