Komisi D DPRD DKI Harap Perbaikan Sungai Tak Cuma di Ciliwung Tapi Juga BKT

ADVERTISEMENT

Komisi D DPRD DKI Harap Perbaikan Sungai Tak Cuma di Ciliwung Tapi Juga BKT

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 05 Des 2022 07:14 WIB
Festival Dayung Ciliwung digelar hari ini. Festival ini juga dilakukan untuk pemanasan pra-Kejurnas Dayung 2022 sekaligus percontohan pengelolaan Ciliwung.
Foto: Festival dayung Ciliwung 2022 (Andhika Prasetia/detik)
Jakarta -

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmuda mendukung rencana sungai Ciliwung sebagai barometer sungai di Indonesia. Menurutnya program tersebut luar biasa.

"Wah ini program luar biasa kalau memang bisa terealisasi, wah top deh. Kami Komisi D pastinya akan mendukung tempat tempat mana saja yang dijadikan event ini," kata Ida saat dihubungi, Minggu (4/12/2022).

Ida mengatakan wacana menjadikan sungai Ciliwung sebagai barometer sungai Indonesia sebagai suatu gebrakan. Dia mengapresiasi program tersebut.

"Ini gebrakan yang luar biasa menurut saya ,kalau memang Pemda ingin melakukan kerjasama dengan PUPR bisa dilakukan di Ciliwung bisa juga di BKT. Cuman karena BKT 5 tahun ini tidak terurus, di samping-samping nya ini banyak pohon liar," ucapnya.

"Kalau kita mau mengaktifkan Ciliwung ini menjadi indah, ya saya apresiasi terhadap Pemda dan PUPR selagi program ini bagus dan bermanfaat untuk warga Jakarta kenapa tidak didukung," lanjutnya

Seperti diketahui, rencana sungai Ciliwung bakal menjadi barometer pengelolaan sungai di Indonesia merupakan gagasan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemprov DKI Jakarta.

"Supaya kita sadar kalau Ciliwung harus kita rawat dan kita benahi salah satunya adalah untuk genangan banjir dan juga selain itu fungsinya untuk olahraga hiburan dan lain-lain," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di Festival Dayung Ciliwung 2022 di kawasan Sungai Ciliwung, Minggu (4/12/2022).

Salah satu event yang bakal dicanangkan Pemprov DKI ialah lomba dayung di sepanjang Sungai Ciliwung. Nantinya, Pemprov DKI berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk menggelar acara tersebut.

"Mungkin usul Pak Basuki untuk merawat dengan cara kita adakan lomba di Kali Ciliwung," jelasnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memandang Sungai Ciliwung berpotensi menjadi sungai dengan sumber air bersih di Jakarta. Nantinya, ia bakal membenahi kualitas air sungai dari tingkat hulu.

"Saya kira Ciliwung bisa jadi sumber air yang bagus di Jakarta, sungai bagus di Jakarta ada juga dari Jatiluhur. Kita juga ada bendungan di Banten, kita punya 13 sungai yang lewat Jakarta tapi sudah tidak memenuhi baku mutunya," kata Basuki.

"Kalau ini kualitasnya bisa kita tingkatkan, kita perbaiki bisa jadi sumber air pokok Jakarta sendiri. Tentunya kalau ini bisa, misalnya, dari Sungai Sukamahi Ciawi ke Jakarta kita perbaiki kualitasnya. Semua sungai khususnya Ciliwung ini tidak hanya estetikanya kota tapi juga bisa untuk air bakunya Jakarta," jelasnya.

Simak juga 'Heru Budi Jelaskan soal Kompensasi Normalisasi Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT