Rencana Pemerintah Sulap Kali Ciliwung Sembari Gelar Lomba Dayung

ADVERTISEMENT

Rencana Pemerintah Sulap Kali Ciliwung Sembari Gelar Lomba Dayung

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 21:19 WIB
Momen Menteri PUPR dan Pj Gubernur DKI Susur SUngai Ciliwung
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono susur Sungai CIliwung. Foto: Ilham/detikcom
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemprov DKI Jakarta berencana menyulap Kali Ciliwung hingga menjadi barometer pengelolaan sungai di Indonesia. Selama prosesnya berjalan, pemerintah juga akan menggelar sejumlah aktivitas seperti lomba dayung.

Ide menjadikan Ciliwung barometer sungai di RI itu awalnya diungkap oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung. Menurutnya, Ciliwung mesti menjadi tolok ukur pengelolaan sungai di kota-kota RI.

"Ciliwung ini harus jadi barometer cara mengelola sungai di perkotaan yang baik," kata Basuki dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, di kawasan Sungai Ciliwung, Minggu (4/12/2022).

Basuki ingin Sungai Ciliwung menjadi percontohan bagi sungai-sungai besar di Indonesia. Mulai dari Sungai Citarum, Sungai Kaligarang hingga Sungai Kalimas.

"Ciliwung akan jadi barometer untuk seluruh Indonesia bisa dicontoh oleh masyarakat luas yang punya sungai-sungai seperti Citarum, Kaligarang, Kalibrantas, Kalimas," terangnya.

Nantinya, lanjut Basuki, sejumlah acara akan digelar di kawasan Sungai Ciliwung. Dia menyebut agenda itu akan rutin diselenggarakan setiap beberapa bulan sekali.

Lomba Dayung

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkap rencana mengadakan event lomba dayung di sepanjang Sungai Ciiwung. Pasalnya, Kali Ciliwung sejatinya dapat dijadikan sarana olahraga di samping pengendali banjir (flood control) Ibu Kota.

"Supaya kita sadar kalau Ciliwung harus kita rawat dan kita benahi salah satunya adalah untuk genangan banjir dan juga selain itu fungsinya untuk olahraga hiburan dan lain-lain," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Minggu (4/12/2022).

"Mungkin usul Pak Basuki untuk merawat dengan cara kita adakan lomba di Kali Ciliwung," tambah dia.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu juga meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah di Ciliwung. Ia menyebut Ciliwung merupakan aset bagi warga Jakarta.

"Yang terpenting adalah, saya imbau kepada seluruh masyarakat satu saja. Untuk tidak membuang sampah ke kali. Ciliwung milik kita semuanya. Kita membangkitkan kita cinta sungai," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT