Bima Arya Terima Mandat sebagai Chairman Asian Mayors Forum 2023

ADVERTISEMENT

Bima Arya Terima Mandat sebagai Chairman Asian Mayors Forum 2023

M Sholihin - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 18:12 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya (M Sholihin/detikcom)
Foto: Wali Kota Bogor Bima Arya (M Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya menerima mandat sebagai Chairman Asian Mayors Forum yang akan digelar di Indonesia tahun depan. Penyerahan mandat ditandai dengan penyerahan bendera oleh Gubernur Phnom Penh Kamboja Khuong Sreng.

"Penyerahan chairman ini menjadi bagian dari kelanjutan pembahasan nanti di Indonesia pada 2023. Di Phnom Penh kami membahas banyak isu seputar perkotaan, terkait kebencanaan, smart city dan pencapaian SDGs dari masing-masing kota, juga memberikan gambaran dari praktik terbaik kota-kota di Asean terkait tema-tema tersebut," kata Bima Arya dalam keterangan tertulis Diskominfo Pemkot Bogor, Minggu (4/12/2022).

Prosesi serah terima mandat tersebut juga disaksikan oleh Presiden EAROPH International yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan para Wali Kota se-ASEAN pada Sabtu (3/12) di Phnom Penh, Kamboja.

Bima yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) itu menyebut, Asian Mayor Forum yang digelar di Phnom Penh membahas banyak hal, seperti tata kelola keuangan untuk pembangunan perkotaan, pendekatan menyeluruh untuk kota cerdas, kota tangguh dan kota keberlanjutan.

"Dalam diskusi itu juga membahas soal ASEAN Sustainable Urbanization, percepatan digitalisasi kota-kota ASEAN pada pemerintah dan masyarakat, menggali kolaborasi pelaksanaan SGDs di tingkat lokal dan regional di kota-kota ASEAN dan pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim di kota-kota ASEAN," sebut Bima.

Bima menambahkan, Gubernur Phnom Penh juga turut menyampaikan apresiasi atas kerja sama terkait hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan perkotaan. Tak hanya itu, secara khusus, Gubernur Phnom Penh juga mengucapkan apresiasi kepada APEKSI yang hadir dan terus berkontribusi di forum Wali Kota se-Asean.

"Gagasan dan juga praktik keberhasilan di masing-masing kota yang disampaikan pada diskusi panel kemarin, kemudian disepakati menjadi deklarasi kota-kota Asean. Selain isu perkotaan, salah satu poin deklarasi menyepakati untuk melibatkan pemuda dan pengangguran melalui program dan proyek inovatif," ujar Bima.

(whn/whn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT