5 Fakta Gempa M 6,4 Guncang Garut hingga Terasa di Jakarta

ADVERTISEMENT

5 Fakta Gempa M 6,4 Guncang Garut hingga Terasa di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 07:01 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Jakarta -

Gempa dengan magnitudo (M) 6,4 mengguncang Garut, Jawa Barat, kemarin. Guncangan gempa Garut itu terasa kuat di sejumlah daerah, termasuk di Jakarta.

Dirangkum detikcom, Minggu (4/12/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter-nya melaporkan gempa Garut itu terjadi pada pukul 16.49 WIB, Sabtu (3/12). Pusat gempa berada di kedalaman 106 Km, 46 Km barat daya Garut.

"Lokasi 7,49 LS, 107,58 BT atau 46 Km barat daya Garut, Jawa Barat," tulis BMKG.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Terlihat pusat gempa berada di darat. Berikut ini fakta-fakta seputar gempa Garut:

1. Gempa M Terasa di Ciamis hingga Panimbang

BMKG mengungkap daerah-daerah yang terasa akan gempa M 6,4 mengguncang wilayah Garut. Getaran gempa itu dirasakan dengan skala MMI IV Garut, MMI III Ciamis, MMI III Kalapanunggal, MMI III Sumur, MMI III Tasik, MMI II-III Pamoyanan dan MMI II-III Panimbang.

Skala MMI IV artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Skala MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan MMI II yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

2. Kesaksian Warga Bandung-Bogor

Gempa bumi M 6,4 yang berpusat di Garut terasa kuat di Kota Bandung dan sekitarnya. Menurut warga, gempa tersebut terjadi selama 20 detik.

Gilang (31), Warga Kota Bandung mengatakan gempa tersebut terasa kuat di rumahnya di kawasan Cemara, Kota Bandung.

"Tadi terjadi gempa beberapa kali, kurang lebih durasinya sekitar 20 detik," tulis Gilang kepada detikJabar, pada Sabtu (3/12).

Simak 3 fakta lainnya di halaman selanjutnya:

Simak Video: Pusat Kota Garut Tetap Ramai Pascagempa M 6,4

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT