Gereja Tiberias: 120 Ribu Orang Bakal Ibadah Natal di GBK Malam Ini

ADVERTISEMENT

Gereja Tiberias: 120 Ribu Orang Bakal Ibadah Natal di GBK Malam Ini

Rumondang Naibaho - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 18:23 WIB
Ketua Humas dan Sekretaris Umum Gereja Tiberias Indonesia, Gideon Simanjuntak (dok. Rumondang/detikcom)
Ketua Humas dan Sekretaris Umum Gereja Tiberias Indonesia Gideon Simanjuntak (Rumondang/detikcom)
Jakarta -

Gereja Tiberias Indonesia kembali menggelar ibadah Natal di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, malam ini. Pihak gereja memperkirakan akan ada ratusan ribu orang mengikuti ibadah itu.

"Setiap tahun selalu ratusan ribu ya, 150-200 ribu. Tapi tahun ini, mungkin karena tidak ada rumput, mungkin bisa 100 ribu atau berapa kita belum tahu," kata Ketua Humas dan Sekretaris Umum Gereja Tiberias Indonesia Gideon Simanjuntak kepada wartawan di GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

Gideon memastikan acara di GBK malam ini telah mengantongi izin kepolisian. Berdasarkan izin yang dikeluarkan kepolisian, jumlah jemaat yang akan hadir mencapai 120 ribu orang.

"Berdasarkan izin yang keluar, itu 120 ribu kalau nggak salah," katanya.

Gideon menyebutkan jemaat yang hadir dalam perayaan Natal kali ini tidak hanya dari DKI Jakarta, tapi juga seluruh Indonesia. Pihak panitia juga telah menyiapkan transportasi bagi jemaat yang berada di area Jabodetabek.

"Seluruh Jakarta dan juga Jabodetabek, juga dari Manado, Surabaya, Medan, dan berbagai macam cabang yang kita ada di Jakarta dan Indonesia," katanya.

Menurut Gideon, pihaknya juga membentuk pamdal Satgas COVID yang tersebar di seluruh area pintu masuk Stadion GBK.

"Kebutuhan protokol kesehatan seperti scan barcode PeduliLindungi, tempat cuci tangan, cek suhu badan, dan hand sanitizer juga disiapkan di seluruh area pintu masuk Stadion Utama. Tim TNI dan Polri bekerja sama dengan tim keamanan internal gereja untuk menjaga keamanan," jelas Gideon.

"Personel saya nggak tahu, tapi satuan keamanan dari Polda, dari Mabes, dari TNI, dan juga satuan keamanan dari pamdal," tambahnya.

Polisi Siapkan Ribuan Personel

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan kebijakan pengamanan telah disiapkan di lokasi. Setidaknya hampir 1.000 personel bakal diturunkan untuk mengamankan ibadah Natal di GBK malam ini.

"Sementara kita turunkan tujuh SSK atau hampir 1.000 personel," tutur Komarudin.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan kebijakan rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan. Namun langkah itu diambil secara situasional melihat kondisi di lapangan.

"Sementara kebijakan lalin normal karena di lingkungan GBK tidak ada kegiatan lain hari ini. Artinya, kapasitas kantong parkir di GBK mencukupi. Tapi tetap karena ini akhir pekan, kita sudah siapkan langkah satu, dua, tiga, untuk antisipasi," pungkas Komarudin.

Untuk diketahui Gereja Tiberias Indonesia akan merayakan Natal secara besar-besaran di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, sore ini mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB. Tema yang diusung pada Natal tahun ini bertajuk 'Semua yang menerima-Nya diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah.'

Simak juga 'Upaya Mengembalikan Masyarakat Kiwirok agar Rayakan Natal di Kampung Halaman':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT