Pesan Khusus Ferry Mursyidan Baldan ke Keluarga Sebelum Meninggal

ADVERTISEMENT

Pesan Khusus Ferry Mursyidan Baldan ke Keluarga Sebelum Meninggal

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 13:57 WIB
Menteri Angraria dan Tata Ruang/BPN Ferry Mursyidan Baldan rapat kerja dengan Komisi II DPR, Kamis (21/1/2016). Rapat tersebut membahas penyelesaian kasus-kasus pertanahan.
Ferry Mursyidan Baldan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Jenazah mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan telah dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Sebelum meninggal, Ferry Mursyidan selalu mewanti-wanti soal pendidikan keluarga.

"Tanda-tanda itu hampir tidak terlihat. Hanya memang terakhir dia pesan ke saya sebagai adiknya ya untuk lebih (perhatian) lagi ke keluarga, karena kita sama-sama punya kesibukan yang berbeda gitu. Dari empat orang, beda-bedalah jalur kehidupannya. Beliau di jalur politik," ujar adik Ferry Mursyidan, Zul Kausar Baldan, di rumah duka, Jalan Anggrek Cendrawasih, Jakarta Barat, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengatakan Ferry hanya menitipkan pendidikan keluarga kepadanya. Sebab, kala itu aktivitas Ferry semakin sibuk.

"Tapi terakhir ya itu. Titip ke saya, karena ada beberapa keluarga yang harus diurus. Dia minta ke saya diurusin-lah ini kalau ada yang belum (pendidikan). Karena dia juga tampaknya bukan semakin tidak sibuk, tapi semakin sibuk," ujarnya.

Lebih lanjut Zul mengatakan, setiap berkumpul, almarhum tidak pernah membicarakan politik. Dia menyebut sang kakak hanya fokus membahas keluarga ketika bertemu.

"Kita dilatih menerima kondisi apa adanya gitu sama orang tua, dan kita sepakat, kalau kita ketemu, kumpul, kita tidak bicara (politik). Saya tidak bicara tentang yang lain-lain. Adik saya tidak bicara soal bisnisnya, nggak. Kita bicara anak-anak gimana ini, ponakan, dia nanyain, 'itu ponakan kalau ada yang belum selesai, tolong kejar', gitu, yang belum S2 suruh S2," tuturnya.

Diketahui, Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal dunia di parkir basement VIP Hotel Bidakara, Jumat (2/12) siang tadi. Sebelumnya, Ferry Mursyidan Baldan diketahui datang ke hotel tersebut untuk menghadiri acara PMI yang digelar pada Kamis (1/12) siang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua PMI Jusuf Kalla (JK). Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI itu menyampaikan bahwa di akhir hayat, Ferry Mursyidan justru menghadiri acara PMI bersamanya.

"Mengucapkan dukacita yang dalam atas berpulangnya ke Rahmatullah almarhum Ferry Mursyidan. Yang pada akhirnya hayatnya justru menghadiri acara Palang Merah dan juga beberapa acara bersama saya," kata JK melalui akun Instagramnya, Jumat (2/12).

Kemudian, Ferry dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, malam harinya. Almarhum dimakamkan satu liang lahad dengan orang tuanya.

Simak Video 'Sosok Almarhum Ferry Mursyidan yang Dikenal Merakyat di Lingkungan Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT