Walkot Cilegon Dukung Upaya Presiden Jokowi Wujudkan Indonesia Maju

ADVERTISEMENT

Walkot Cilegon Dukung Upaya Presiden Jokowi Wujudkan Indonesia Maju

Dea Duta Aulia - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 11:36 WIB
Pemkot Cilegon
Foto: dok. Pemkot Cilegon
Jakarta -

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mendukung penuh upaya Presiden Joko Widodo dalam menciptakan ekosistem besar dengan memanfaatkan potensi yang ada di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut bisa membuat Indonesia maju lebih cepat.

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat diundang oleh Jokowi ke Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12). Turut hadir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya akui, itu adalah rencana brilian Pak Presiden untuk membawa Indonesia menuju level yang lebih tinggi," kata Helldy dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2022).

Menurutnya, rencana yang dimiliki oleh Jokowi untuk menciptakan sebuah produk unggulan yang bisa bersaing dengan negara maju merupakan ide brilian. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat negara lain bergantung pada Indonesia.

"Secara hitung-hitungan ekonomi, jelas produk ini bisa membuat negara lain bergantung kepada Indonesia," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Cilegon pun saat ini sudah memiliki sejumlah produk unggulan. Salah satunya melalui pengolahan setiap 30 ton sampah segar menjadi bahan bakar pengganti batu bara atau co firing.

"Kami sudah memproduksi co firing dari olahan puluhan ton sampah segar. Produk ini kami produksi di TPA Bagendung untuk digunakan oleh PLTU Suralaya," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memproduksi cangkul melalui kerja sama dengan PT Krakatau Steel. Sehingga masyarakat Cilegon bisa mendapatkan cangkul tanpa perlu membeli dari provinsi lain.

"Selama ini kan masyarakat beli produk pacul (cangkul) impor dari luar negeri, sementara bahan baku pacul itu, asalnya dari Cilegon, PT KS. Lah kenapa enggak Cilegon saja yang membuat pacul, itulah dasar kenapa munculnya produk cangkul Cilegon," katanya.

Pihaknya berencana agar Cilegon tidak hanya menghasilkan produk baja saja. Namun bisa menjadi sentra produk bahan dasar plastik.

"Pabrik kimia penghasil bahan dasar plastik kan di Cilegon juga. Sementara setiap hari sedotan yang bahan dasarnya dari Cilegon, itu dibeli dari luar. Maka itu, saya pun akan mendorong agar Cilegon memproduksi sedotan. Ini akan menjadi produk unggulan lain di Kota Cilegon, sehingga daerah lain bergantung ke produk lokal kami," jelasnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan telah memiliki sejumlah design untuk mempercepat Indonesia maju, salah satunya dengan memanfaatkan potensi nikel.

"Kita harus membangun desain ekosistem besar sehingga negara lain bergantung pada kita, karena kita memiliki nikel, memiliki tembaga, memiliki bauksit, memiliki timah, dan potensi kita ini gede sekali, ekosistem besar ini (battery) yang kurang hanya lithium, di Australia ada Lithium, kita bisa beli, yang sulit adalah mengintegrasikannya, karena bahannya ini menyebar kemana-mana, tambang tembaga di Papua dan Sumbawa, kemudian tambang nikel di Sulawesi, ada bauksit di Kalimantan Barat dan di Kepri, mengintegrasikannya ini bukan barang yang gampang sehingga jadi ekosistem yang besar itu," tutup Jokowi.

Simak juga 'Titipan Jokowi ke KPU untuk Pemilu 2024: Adu Ide bukan Adu Domba':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT