Bocoran Laksamana Yudo Margono soal Calon KSAL Berikutnya

ADVERTISEMENT

Bocoran Laksamana Yudo Margono soal Calon KSAL Berikutnya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 22:29 WIB
Siapa calon Panglima TNI adalah KSAL Laksamana Yudo Margono
Yudo Margono (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Komisi I DPR telah menyetujui KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Yudo mengungkap bocoran calon KSAL penerus dirinya.

Yudo awalnya bicara bahwa penunjukan KSAL adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, jika diminta Jokowi untuk memberi saran nama-nama, Yudo akan menyiapkannya.

"Nanti, menunggu perintah dan kalau, ya kembali lagi bahwa itu adalah hak prerogatif Presiden. Nanti kalau saya dimintai sarannya, tentunya ya kita siapkan," kata Yudo di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Yudo pun memberikan bocoran calon KSAL berikutnya setelah Yudo menjadi Panglima TNI. Menurutnya, saat ini ada lima perwira tinggi TNI AL yang berpangkat bintang 3.

"Yang bintang 3 kan kita ada lima. Ya nanti terserah permintaannya. Yang jelas, Angkatan Laut bintang 3," ucapnya.

"Inisial kan bisa dilihat itu Angkatan Laut yang bintang 3, wong sikit (sedikit)," tambahnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Hal itu diputuskan setelah Yudo menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus yang memimpin proses uji kelayakan tersebut. Uji kelayakan itu digelar di ruang rapat Komisi I DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono," kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan.

(fas/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT