Tren Kepercayaan Publik ke Polri Naik, Habiburokhman Puji Inovasi Kapolri

ADVERTISEMENT

Tren Kepercayaan Publik ke Polri Naik, Habiburokhman Puji Inovasi Kapolri

Gibran Maulana - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 17:34 WIB
Waketum Gerindra Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Waketum Gerindra Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Angka tren kepercayaan publik terhadap Polri mulai naik di dua hasil survei terkini, Indikator Politik dan Indopol. Anggota Komisi III DPR Habiburokhman menyebut tren kenaikan kepercayaan publik terhadap Polri karena kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Hasil survei lembaga survei Indikator dan Indopol yang menunjukkan naiknya kepercayaan publik kepada Polri memang wajar dan tidak mengejutkan. Sebagai wakil rakyat yang sering kunker ke berbagai kota, kami dapat merasakan besarnya antusiasme anggota Polri untuk membenahi citra institusi dari tingkat pusat sampai ke daerah-daerah," kata Habiburokhman saat dikonfirmasi, Jumat (2/12/2022).

Habiburokhman menyebut kepemimpinan Kapolri dalam menuntaskan kasus besar menjadi faktor naiknya kepercayaan publik. Tak lupa, Habiburokhman juga memuji pimpinan Polri lainnya.

"Hal ini tak lepas dari kepemimpinan Pak Kapolri dan jajaran petinggi Polri lainnya yang tegas, solid dan transparan dalam menyelesaikan kasus-kasus besar yang menarik perhatian masyarakat," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut Polri juga semakin inovatif dalam penindakan di lapangan. Dia yakin survei kepercayaan publik ke Polri akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

"Selain itu, beberapa kebijakan inovatif seperti peniadaan tilang manual benar-benar mendapat apresiasi masyarakat karena sangat terasa manfaatnya. Kami yakin seiring berjalannya waktu, kepercayaan masyarakat kepada Polri akan meroket jika kinerja yang ada saat ini dipertahankan," imbuh dia.

Survei Indikator Politik dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022 terhadap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling terhadap sampel sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei sekitar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berdasarkan tingkat kepercayaan kepada lembaga negara, TNI menjadi paling teratas. Sementara tingkat kepercayaan kepada Polri naik ke angka 60,5%.

(gbr/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT