Polisi Terjunkan 2.000 Personel Kawal Berbagai Aksi di Jakpus Hari Ini

ADVERTISEMENT

Polisi Terjunkan 2.000 Personel Kawal Berbagai Aksi di Jakpus Hari Ini

Rumondang Naibaho - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 11:15 WIB
Situasi massa buruh di Balai Kota DKI Jakarta
Situasi massa buruh di Balai Kota DKI Jakarta (Foto: Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) DKI Jakarta akan menggelar aksi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari ini. Ribuan personel gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk mengawal dan menjaga aksi buruh tersebut.

"Personel yang diturunkan untuk mengamankan jalannya aksi di beberapa titik di Jakarta Pusat secara keseluruhan berjumlah 2.000 personel," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi Jumat (2/11/2022).

Polres Metro Jakarta Pusat telah menerima pemberitahuan aksi massa tersebut. Sesuai pemberitahuan, sekitar 100 orang yang akan turun dalam demo hari ini.

Adapun personel yang turun disebarkan di beberapa titik seperti di Balai Kota, di Kantor DPR, di Patung Kuda, dan Bundaran HI. Sementara pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional.

Tak hanya aksi buruh, Komarudin juga menyebutkan ada beberapa elemen yang melakukan aksi hari ini. Semuanya membawa isu masing-masing.

"Jadi ada beberapa elemen yang hari ini akan menyampaikan aspirasinya di Balai Kota dengan isu yang berbeda," sambungnya.

Sesuai dengan pemberitahuan, massa KSPI DKI Jakarta akan menggelar aksi di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (2/12), pukul 10.30 WIB. Ada empat tuntutan yang akan disampaikan buruh pada aksi ini, antara lain:

1. Tolak Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1153 Tahun 2022 Tentang UMP DKI Jakarta Tahun 2023
2. Naikan UMP DKI JAKARTA Tahun 2023 sebesar 10,55%
3. Jadikan inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Acuan Penetapan Upah Tahun 2023
4. Tolak Omnibus Law/UU Cipta Kerja

Lihat juga video 'Massa Reuni 212 di Masjid At-Tin Bubar, Arus Lalin Tersendat':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT