Calon Panglima TNI Yudo Margono Jalani Uji Kepatutan di DPR Hari Ini

ADVERTISEMENT

Calon Panglima TNI Yudo Margono Jalani Uji Kepatutan di DPR Hari Ini

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 06:17 WIB
Siapa calon Panglima TNI adalah KSAL Laksamana Yudo Margono
Foto: Laksmana Yudo Margono (Agung Pambudhy)
Jakarta -

Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Fit and proper test rencananya akan digelar siang ini di gedung DPR/MPR.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyampaikan fit and proper test terhadap calon panglima TNI Laksamana Yudo akan digelar seharian penuh. Tahapan dimulai dengan verifikasi persyaratan calon panglima TNI di pagi hari.

"Betul. Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test calon panglima esok (hari ini). Satu hari penuh ya, dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," kata Meutya kepada wartawan, Kamis (1/12).

Siang harinya, Laksamana Yudo Margono akan menyampaikan visi dan misi di depan para anggota Komisi I DPR RI. Visi dan misi itu nantinya akan didalami oleh para anggota Komisi I DPR.

"Lalu mendengarkan visi-misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30 WIB," katanya.

"Penyampaian visi-misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi, yakni selama 30 menit," imbuhnya.

Ketua DPP Golkar ini mengatakan format rapat fit and proper test calon panglima TNI digelar secara terbuka. Namun akan digelar tertutup jika ada pembicaraan yang bersifat strategis dan konfidensial.

"Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," kata Meutya.

Persiapan Yudo Margono

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono membeberkan persiapan Laksamana Yudo. Apa saja?

"Bahan presentasi siap. (Juga) doa dan dukungan semua rakyat tentunya," kata Julius saat dikonfirmasi.

Julius belum bisa memastikan apakah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan turut mendampingi Laksamana Yudo atau tidak saat uji kepatutan nanti. Menurutnya, saat ini belum ada kepastian siapa yang akan mendampingi Laksamana Yudo nanti.

"Pendamping atau didampingi siapa belum fix. Sesuai norma dan sesuai kehendak tuhan," katanya.

Simak video 'Urutan Acara Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT