Tinjau Sodetan Kali Ciliwung, Heru Budi Targetkan April 2023 Rampung

ADVERTISEMENT

Tinjau Sodetan Kali Ciliwung, Heru Budi Targetkan April 2023 Rampung

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 18:52 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau proyek sodetan kali Ciliwung
Heru Budi Hartono (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau lokasi sodetan kali Ciliwung, Jalan Otista III, Jatinegara, Jakarta Timur. Sodetan tersebut bagian dari program normalisasi Ciliwung.

"Saya bersama Pak Wali Kota Jaktim, BBWS Ciliwung Cisadane, dan Pak Asisten Pemerintahan, Pak Asbang, Pak Kadis SDA, jadi ini terkait satu kesatuan waduk yang di Jawa Barat, Ciawi-Sukamahi. Nah Ciawi-Sukamahi sudah hampir selesai," kata Heru di lokasi, Kamis (1/12/2022).

Heru mengatakan pembangunan sodetan kali Ciliwung tersebut ditargetkan rampung pada April 2023. Diketahui, sodetan kali Ciliwung membentang dari titik masuk air di Bidara Cina dan keluar air di Kebon Nanas.

"Di sini ada dua outline, yang di bawah ini terowongan, sudah hampir selesai, dan fungsinya sekitar Februari, Maret, atau paling lambat April (2023). Maka berkaitan dengan itu, di ujung sana, di dekat Kebon Nanas, itu para pihak melalui Pak Asbang, Pak Wali Kota, saya ucapkan terima kasih, para pihak sudah memahami dan mengetahui keinginan pemerintah daerah dan tentunya sudah diukur juga," ujarnya.

"Saya imbau para pihak yang memiliki lahan dan lain-lain menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan aturan, dan mudah-mudahan di sana Maret selesai, di sini selesai, April sudah berfungsi," sambungnya.

Heru mengatakan sodetan kali Ciliwung itu dapat mengurangi 60 meter kubik air per detik. Heru berharap sodetan tersebut dapat mengatasi banjir.

"Reduksi banjir itu sekitar 200 hektare dan ini fungsinya untuk 60 meter kubik per detik tereduksi, sehingga mudah-mudahan di sisi utaranya Jakarta, itu bisa mengurangi banjir," katanya.

Baca selengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT