3 Fakta Terkini Normalisasi Ciliwung di Era Heru Budi

ADVERTISEMENT

3 Fakta Terkini Normalisasi Ciliwung di Era Heru Budi

Briggita Belia Permata Sari - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 07:00 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Resmikan Rumah Digital Untuk Disabilitas di Jakpus (Brigitta Belia-detikcom)
Foto: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi (Brigitta Belia-detikcom)
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan normalisasi Ciliwung terealisasi. Sejauh ini, sejumlah fakta terkait rencana ini pun diungkap oleh Heru.

Sebagaimana diketahui, normalisasi sungai memang saat ini tengah dikebut oleh Pemprov DKI dalam hal ini soal pembebasan lahan. Empat kelurahan yang bakal jadi prioritas berada di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menerangkan, total pembebasan lahan yang ditargetkan adalah 6,45 hektare. Kelurahan yang akan dilakukan pembebasan lahan ialah, pertama, Kelurahan Cawang, Kramat Jati, 2,25 hektare.

Kemudian, Kelurahan Rawajati, Pancoran, yang kebutuhan pembebasan lahannya sebanyak 1,5 hektare. Lalu Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, sebanyak 0,8 hektare; serta di Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, sebanyak 1,95 hektare.

"Itu sasaran kita untuk 2023. Pembebasan semua dari pemda, pusat fisiknya," kata Yusmada, Selasa (1/11) lalu.

Yusmada membeberkan sejatinya terdapat 7 kelurahan prioritas pembebasan lahan untuk proyek normalisasi Kali Ciliwung. Kendati begitu, pihaknya sepakat pada 2023 mendatang akan mengutamakan empat kelurahan terlebih dahulu. Dengan begitu, pihaknya dapat menyelesaikan tanggung jawab pemerintah daerah dalam pembebasan lahan.

Lihat juga video 'Normalisasi Ciliwung, Menteri Basuki Siapkan Rusun Pasar Rumput':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT