Kampung Bahari Digerebek, Warga Melawan Polisi dengan Letuskan Petasan

ADVERTISEMENT

Kampung Bahari Digerebek, Warga Melawan Polisi dengan Letuskan Petasan

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 21:52 WIB
Polisi gerebek narkoba di Kampung Bahari Jakarta Utara, Rbu (7/3/2022).
Ilustrasi / Polisi gerebek narkoba di Kampung Bahari Jakarta Utara, pada Rabu (7/3/2022) lalu. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Polisi kembali menggerebek di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut). Operasi hari ini menuai perlawanan dari warga sekitar.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo mengatakan sejumlah warga menembakkan petasan ke udara ketika anggota datang ke lokasi. Petasan itu ditembakkan ke udara sebagai kode karena polisi mendatangi wilayah yang kerap menjadi lokasi peredaran narkoba itu.

"Jadi ini caranya sama seperti dulu. Kalau ada kegiatan kepolisian terkait penegakan hukum narkoba biasanya mereka melakukan perlawanan kelompok mereka dengan kode melemparkan petasan," kata Wibowo saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Wibowo mengatakan tembakan petasan itu selalu dilakukan warga ketika melihat polisi yang datang dalam jumlah sedikit. Kode petasan itu selalu dilakukan para warga di Kampung Bahari menghindari operasi kepolisian.

"Jadi seperti itu memang cara-cara di Kampung Bahari ketika mereka melihat personel polisi agak sedikit mereka tembakkan petasan sebagai kode. Tapi kalau personel cukup (banyak) mereka mundur," katanya.

Dalam operasi hari ini, oknum warga Kampung Bahari kembali menembakkan petasan. Namun, Wibowo mengatakan petasan itu tidak diarahkan ke petugas.

Dia pun memastikan tidak ada polisi yang dilempari batu hingga terluka akibat tindakan warga Kampung Bahari hari ini.

"Nggak, dia tembakin ke atas. Kan cara mereka seperti itu. Jadi begitu lihat ada penegakan polisi terkait narkoba, mereka biasanya tembakin petasan ke udara supaya tembakan itu didengar dan sebagai kode untuk memberikan perlawanan kepada petugas," tutur Wibowo.

Ada sejumlah orang yang ditangkap polisi dari Kampung Bahari. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT