Korban Heli Polri Jatuh di Bangka: 3 Kru Ditemukan, 1 Masih Dicari

ADVERTISEMENT

Korban Heli Polri Jatuh di Bangka: 3 Kru Ditemukan, 1 Masih Dicari

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 18:12 WIB
Korban Helikopter Polri Jatuh
Jenazah kru helikopter Polri yang jatuh di Bangka diserahkan ke pihak keluarga di Pondok Cabe (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tiga korban helikopter Polri jatuh di Bangka Belitung telah berhasil ditemukan. Tiga dari empat kru helikopter Polri P-1103 ditemukan namun dalam kondisi telah meninggal. Hingga kini, Tim search and rescue (SAR) gabungan masih terus melanjutkan pencarian satu korban lain.

Diberitakan sebelumnya, helikopter Polri P-1103 hilang kontak atau lost contact saat mengudara di perairan Kepulauan Bangka Belitung. Brigjen Ramadhan, Minggu (27/11), menyampaikan helikopter Polri tersebut take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun.

Sekitar pukul 11.00 WIB, helikopter Polri P-1103 tersebut tiba di Pangkalan Bun lalu melanjutkan penerbangan ke Tanjung Pandan bersama helikopter Polri P-1113. Pada sekitar pukul 14.24 WIB, helikopter P-1113 berhasil landing di Bandara Tanjung Pandan, sementara posisi helikopter P-1103 hilang kontak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut dugaan penyebab Helikopter P-1103 jatuh karena cuaca di Perairan Manggar. "Dapat disimpulkan pesawat Heli P1103 jatuh karena cuaca di Perairan Manggar," ucap Brigjen Ramadhan, Senin (28/11).

Berikut ini informasi terkini terkait berita dua korban helikopter Polri jatuh di Bangka Belitung, yang dirangkum detikcom Rabu (30/11/2022).

Tiga Korban Helikopter Polri Jatuh Ditemukan Tewas

Tiga dari empat korban helikopter Polri jatuh telah berhasil ditemukan, namun dalam kondisi telah meninggal. Ketiganya ditemukan pada waktu yang berbeda-beda. Terbaru, korban ketiga ditemukan oleh nelayan di perairan Manggar.

Kepala Basarnas Babel, Imade Oka Astawa menjelaskan korban ditemukan pada Selasa (29/11) sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu nelayan sedang menangkap ikan di perairan Manggar.

"Korban ketiga ditemukan oleh nakhoda KM Tiga Bayangan 2 (Kapal nelayan) saat sedang labuh jangkar pada posisi *03°02.952' S - 108°30.295' E," ujarnya saat dikonfirmasi detikSumut, Rabu (30/11/2022).

Korban Helikopter Polri JatuhMomen Penyerahan Dua Korban Helikopter Polri Jatuh | Foto: A.Prasetia/detikcom

Dua Jenazah Korban Telah Diserahkan ke Keluarga

Sementara dua jenazah korban helikopter Polri jatuh yang sudah berhasil ditemukan sebelumnya telah diserahkan kepada keluarga masing-masing. Kedua jenazah tiba di Jakarta pada Rabu (30/11) pagi.

Usai mendarat di Markas Polairud, Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, pada Rabu (30/11) sekitar pukul 08.10 WIB, petugas kepolisian langsung menggelar upacara penyerahan jenazah yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya, jenazah diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Kronologi Penemuan 3 Korban Helikopter Polri Jatuh

Seperti diketahui, tiga dari empat korban jatuhnya helikopter Polri telah ditemukan, Ketiganya ditemukan pada waktu yang berbeda-beda. Berikut ini pemaparan kronologi penemuan tiga dari empat korban helikopter Polri jatuh yang dirangkum detikcoom Rabu (30/11):

  • Senin 28 November 2022 pagi, korban pertama ditemukan
    Bripda Khoirul Anam berhasil ditemukan pertama kali, namun dalam kondisi telah meninggal. Jenazah Bripda Khoirul Anam ditemukan di sekitar perairan Manggar yang dievakuasi ke daratan oleh nelayan sekitar pagi hari.
  • Selasa 29 November 2022 pukul 09.50 WIB, penemuan korban kedua
    Polri bersama Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan satu lagi korban di atas permukaan. Jenazah korban kedua yakni Briptu Moch Lasminto ditemukan di antara perairan Manggar dan Pulau Buku Limau
  • Selasa 29 November 2022 pukul 23.00, korban ketiga ditemukan
    Korban ketiga jatuhnya helikopter Polri ditemukan meninggal dunia oleh nelayan setempat. Jasad korban ditemukan tersangkut di bagan nelayan saat sedang menangkap ikan di perairan Manggar

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Aipda Joko Kru Heli Jatuh Ditemukan Tersangkut Bagan Nelayan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT