Viral Lampu Hijau 10 Detik di Jaksel Bikin Kesal Pengendara, Ini Kata Dishub

ADVERTISEMENT

Viral Lampu Hijau 10 Detik di Jaksel Bikin Kesal Pengendara, Ini Kata Dishub

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 17:02 WIB
Lampu hijau berdurasi kurang dari 10 detik di Karang Tengah, Lebak Bulus, Jaksel.
Lampu hijau berdurasi kurang dari 10 detik di Karang Tengah, Lebak Bulus, Jaksel. (Foto: dok. Istimewa/Instagram)
Jakarta -

Sebuah video yang memperlihatkan pendeknya durasi lampu lalu lintas warna hijau di kawasan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, viral di media sosial. Lampu hijau itu hanya menyala kurang dari 10 detik.

Dalam video yang beredar, seperti dilihat detikcom, Rabu (30/11/2022), tampak kendaraan berhenti di lampu merah tersebut. Sebuah mobil terlihat berada di ujung depan dekat lampu merah.

Saat warna lampu merah berganti menjadi lampu hijau, mobil itu tampak melaju. Namun lampu lalu lintas kembali berganti merah sebelum mobil tersebut melewati pertigaan jalan.

Dihubungi terpisah, Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas (UP SPLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Emanuel Kristanto menjelaskan kondisi tersebut. Emanuel mengatakan lampu lalu lintas tersebut sedang dalam tahap pengaturan ulang.

"Bukan rusak, sedang kita setting ulang. Biasanya kalau sedang resetting memang di menit-menit awal suka seperti itu, tapi setelahnya akan normal kembali," ujar Emanuel.

Dia mengatakan penyesuaian saat setting ulang itu akan berlangsung selama seminggu. Dia menyebutkan pihaknya tetap rutin melakukan pemantauan selama proses penyesuaian tersebut.

"Sedang dilakukan resetting dari hari Senin, sekarang sedang dalam masa penyesuaian. Biasanya kondisi ini berlangsung selama seminggu, tapi tiap hari selalu kita pantau," ujar Emanuel.

Selain itu, Emanuel mengatakan pihaknya telah mengecek ke lokasi, tadi pagi. Dia menyebut lampu lalu lintas di Karang Tengah itu masih berfungsi dengan normal.

"Dicek di lokasi jam dan program masih sesuai arah utara 35 detik selatan 35 detik timur 25 detik," ucap Emanuel.

Lebih lanjut, dia menerangkan, durasi warna hijau dan lampu merah akan disesuaikan dengan volume kendaraan. Dia menuturkan durasi warna hijau akan panjang jika volume lalu lintas di lokasi juga padat.

"Durasi warna hijau kita sesuaikan dengan volume lalinnya. Prinsipnya semakin tinggi volume lalu lintasnya di lokasi, lampu hijau semakin panjang dibandingkan kaki persimpangan dengan volume lalin yang lebih sedikit. Sedang dilakukan resetting dari hari Senin, sekarang sedang dalam masa penyesuaian. Biasanya kondisi ini berlangsung selama seminggu, tapi tiap hari selalu kita pantau," ujarnya.

Tonton juga Video: Kala Lampu Hijau Dua Arah Nyala Bareng di Perempatan Pondok Indah

[Gambas:Video 20detik]



(mea/bar)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT