BMKG Ungkap Dugaan Penyebab Ikan-ikan 'Menepi' di Pantai Mutiara

ADVERTISEMENT

BMKG Ungkap Dugaan Penyebab Ikan-ikan 'Menepi' di Pantai Mutiara

Antara - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 14:04 WIB
Fenomena ikan-ikan menepi ke Pantai Marina, Jakarta Utara.
Fenomena ikan-ikan menepi ke Pantai Marina, Jakarta Utara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Fenomena ikan-ikan kecil terdampar di Pantai Mutiara, Jakarta Utara dan Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, viral di media sosial. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena tersebut bukan tanda terjadinya gempa.

"Banyak faktor di antaranya faktor kesuburan perairan, angin dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa ya," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dilansir Antara, Rabu (30/11/2022).

Eko menyatakan bahwa secara tak kasat mata, angin laut telah mendorong ikan-ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik karena fenomena itu dapat terjadi pula pada ikan-ikan yang lebih besar seperti paus ataupun lumba-lumba. Sebab, terdapat kemungkinan bahwa dorongan angin yang membawa ikan-ikan kecil menarik perhatian ikan yang lebih besar untuk mencari makanan sesuai dengan rantai makanannya.

"Otomatis ikan kecil tadi juga diikuti ikan ikan besar sebagai rantai makanannya," katanya.

Selain dorongan angin, Eko menyebutkan terdapat kemungkinan kalau berbagai unsur hara lainnya yang dibutuhkan ikan-ikan kecil itu, mengikuti arus angin sehingga mendorong ikan mendekati garis pantai. Kemungkinan lainnya yakni karena adanya kandungan klorofil-a yang menjadi salah satu faktor kesuburan di laut.

Baca juga: Ikan-ikan

Eko menambahkan bahwa terdamparnya ikan-ikan kecil tersebut, bisa dikatakan sebagai wujud fenomena langka akibat ketidaknormalan oseanografi yang menjadi sebuah anugerah bagi para warga, karena dapat memanen ikan tanpa menggunakan jala di laut.

Meski demikian, Eko menyatakan bahwa fenomena laut itu masih dugaan sementara BMKG. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan alasan ikan-ikan kecil tersebut terdampar hingga ke pesisir pantai.

"Sisanya dugaan sementara ini ya, tapi perlu penelitian lebih lanjut," katanya.

Diberitakan sebelumnya, fenomena kumpulan ikan-ikan kecil terdampar di Pantai Mutiara dan juga Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, bikin heboh di media sosial. Sejumlah warga mengambil ikan-ikan yang terdampar di pinggir pantai tersebut.

Pihak kepolisian membenarkan kejadian tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan fenomena tersebut terjadi karena perubahan iklim.

Dari hasil pengecekan memang benar adanya kejadian tersebut. Informasi yang kami peroleh dari dinas terkait, hal ini terjadi diperkirakan karena perubahan iklim di laut terhadap ikan tersebut yang tidak kuat terhadap panas air laut," ujar Zulpan dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Lihat juga Video: BMKG Ikut Konferensi Perubahan Iklim COP 27, Ini yang Dibahas

[Gambas:Video 20detik]




(mea/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT